youngster.id - Melalui program acara ‘Ramadan Ekstra’, Tokopedia kembali mencatatkan rekor baru. Tokopedia mencatatkan rekor baru. Pada puncak tradisi belanja terbesar Tokopedia yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2019 Tokopedia berhasil mencapai total nilai transaksi dalam satu hari yang lebih besar dari akumulasi nilai transaksi 6 tahun awal berdirinya Tokopedia.
“Sebagai perusahaan teknologi Indonesia dengan misi pemerataan ekonomi secara digital, Ramadan Ekstra menjadi momentum validasi dampak pemerataan dan pertumbuhan ekonomi baru lewat digital,” kata William Tanuwijaya Co-Founder dan CEO Tokopedia, pada Rabu (19/6/2019) di Jakarta.
Dia mengungakpkan, sepanjang bulan Mei 2019, Tokopedia mencatatkan nilai total transaksi (Gross Merchandise Value / GMV) sebesar US$1.3 miliar atau setara lebih dari Rp18,5 triliun. Transaksi ini terjadi dari 97% kecamatan di Indonesia, dengan melibatkan 5,9 juta penjual yang juga tersebar di seluruh pelosok Indonesia, dimana mayoritas penjual adalah pebisnis baru.
“Capaian transaksi US$ 1,3 miliar ini akan menjadi standar baru bagi Tokoepdia. Suatu hari nanti, semua ini akan menjadi transaksi perhari kalau Tokoepdia terus berkembang,” ucap William.
Data menarik lainnya yang dicapai di Tokopedia dalam momentum Ramadan Ekstra 2018, marketplace ini dikunjungi 2.500 kali perdetik serta dibutuhkan 161 truk untuk mengangkut total kurma yang terjual. Lebih dari itu, dari 6.000 barang terjual setiap menitnya pada puncak Ramadan Ekstra yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2019.
“Tokopedia juga telah berkembang menjadi super ekosistem yang tidak hanya memfasilitasi jual beli online. Tetapi juga banyak sekali layanan publik yang digitalisasi salah satunya untuk membayar zakat. Sepanjang Mei kemarin lebih dari Rp 7 miliar donasi dan zakat telah terkumpul di di Tokopedia,” pungkas William.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post