youngster.id - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, jumlah transaksi yang terdapat di Shopee akan terus bertumbuh. E-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan ini mencatatkan rekor transaksi terbaru dengan peningkatan transaksi sekitar 300% dibanding puncak kampanye Ramadhan tahun lalu.
Kemeriahan kampanye Big Ramadhan Sale menjadi momen yang ditunggu – tunggu oleh pengguna Shopee untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa maupun menjelang hari lebaran. Tingginya transaksi juga terlihat dari peningkatan trafik di aplikasi Shopee yang meningkat hingga 2 kali lipat. Selain peningkatan pada transaksi, momen bulan Ramadhan juga dimanfaatkan sebagai momen berbagi dengan sesama.
“Dengan berbagai inisiatif yang telah kami lakukan selama Big Ramadan Sale. Oleh sebab itu, kami berharap Shopee selalu menjadi destinasi belanja online pilihan masyarakat Indonesia di segala momentum spesial untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna,” ungkap Handhika Jahja Direktur Shopee Indonesia kepada youngster.id, Kamis (29/5/2019) di Jakarta.
Tidak hanya mengalami performa signifikan selama periode puncak Ramadhan, Shopee juga mengamati beberapa fakta menarik tentang perilaku belanja pengguna. kategori terfavorit yang mencatat pesanan tertinggi adalah Kecantikan, Busana Muslim, Peralatan Rumah, Handphone & Aksesoris, dan Otomotif.
Menariknya, Otomotif adalah kategori yang terlihat peningkatannya karena semakin banyak orang beralih ke Shopee untuk mencari aksesori mobil. Tak hanya itu, pengguna Shopee dari Kota Bogor, kota terbesar ketiga di Indonesia, membeli produk terbanyak selama periode puncak Ramadhan dibandingkan dengan kota-kota lain.
Bahkan pembatasan media sosial pada 22-25 Mei 2019 tidak memberi pengaruh signifikan. “Disini kami melihatnya, dari sisi kualitatif komentar dari medsos. Jadi dari sisi engagement sosial media kami menurun, tetapi tidak membuat volume transaksi di Shopee menurun. Jadi peristiwa itu tidak memberikan dampak yang tidak terlalu signifikan,” pungkas Handhika.
Shopee mencatat bahwa sejak diawal masuknya Ramadan tahun ini terdapat peningkatan sebesar tiga kali lipat di Minggu pertama dan jumlah tersebut tentunya lebih besar dari tahun sebelumnya.
“Yang pasti, masuk minggu pertana Ramadhan 2019 tahun ini, Shopee sendiri mencatatkan peningkatan transaksi hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu,” papar Rezki Yanuar Country Brand Manager Shopee Indonesia.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post