Traveloka Beri Apresiasi Bagi Hotel Dengan Ulasan Terbaik Se-Asia Tenggara

Jumpa pers Traveloka Hotel Awards 2018, Senin (15/10/2018) di Jakarta. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Pesatnya perkembangan industri pariwisata di Tanah Air, perusahaan teknologi penyedia jasa travel dan lifestyle booking Traveloka, kembali mengadakan Traveloka Hotel Awards. Ajang ini ditujukan untuk memberikan apresiasi kepada mitra hotel se-Asia Tenggara.

“Beberapa tahun belakangan ini, kami telah melihat banyak sekali hotel yang mendapatkan ulasan positif dari konsumen, serta hotel yang meningkatkan pelayanan dan fasilitas untuk bisa mendapatkan ulasan positif dari konsumen. Hal inilah yang menginspirasi kami untuk mengadakan Traveloka Hotel Awards sejak tahun lalu, yaitu untuk memberi apresiasi kepada mitra hotel yang telah mendengarkan ulasan konsumen dan memberikan pelayanan terbaik sepanjang tahun,” ucap John Safenson, GM Accomodations, Traveloka pada jumpa pers Senin (15/10/2018) di Jakarta.

Acara yang akan diselenggarakan pada 19 Oktober mendatang ini akan memberikan penghargaan kepada mitra hotel yang memiliki ulasan positif sepanjang tahun 2017 yang termasuk dalam empat kategori aspek, yaitu food, cleanliness, service, dan overall.

Menurut Safenson, seperti di tahun sebelumnya, Traveloka Hotel Awards 2018 juga menggunakan ulasan konsumen sebagai dasar pemilihan pemenang. Hal ini berangkat dari tingginya dampak ulasan konsumen terhadap industri pariwisata, khususnya di bidang perhotelan. Hal ini juga didukung dengan tingkat penetrasi internet dan teknologi yang cukup tinggi di Asia Tenggara, di mana konsumen menjadi lebih mudah dalam mengakses informasi dan di saat yang sama pihak hotel dapat saling terhubung dengan konsumen mereka melalui platform digital.

Baca juga :   Perluas Saluran Distribusi Layanan, Telkomsel Gandeng 14 e-Commerce

“Seiring dengan meningkatnya penggunaan aplikasi, sebagian besar pengguna akan membaca ulasan online terlebih dahulu sebelum memesan kamar hotel dan menjadikan ulasan tersebut sebagai referensi. Hal ini menunjukkan adanya rasa kepercayaan dari pengguna terhadap hotel yang memiliki banyak ulasan positif,” katanya.

Deo Wijaya Senior Manager Product Traveloka menambahkan di Traveloka sendiri, pihaknya melihat adanya pertumbuhan sebesar dua digit untuk mitra hotel Traveloka yang memiliki ulasan positif dari konsumen. “Jadi dari riset yang kami lakukan ada beberapa bahkan telah meningkat pertumbuhannya hingga dua atau tiga kali lipat dari tahun lalu,” kata Deo.

Sementara, Hariyadi Sukamdani selaku Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengatakan mewakili PHRI dirinya sangat menghargai inisiatif yang dilakukan oleh Traveloka melalui gelaran Traveloka Hotel Awards. Bahkan, ia menilai industri perhotelan saat ini sangat bergantung pada teknologi dan ulasan pengguna di mana hal ini merupakan salah satu cara para konsumen dapat memberikan apresiasi, kebutuhan, dan keinginan mereka langsung kepada pihak hotel.

Baca juga :   Traveloka Jadi Sponsor Media Piala Dunia FIFA 2018

“Karena dari sisi hotel pun mereka dapat terhubung secara langsung dengan para konsumen dan dapat membantu pihak manajemen meningkatkan layanan dan kualitas hotel tersebut,” pungkasnya.

Traveloka Hotel Awards 2018 akan diselenggarakan pada, Jumat, 19 Oktober 2018 di ICE BSD City. Penghargaan ini akan diberikan kepada 239 mitra hotel Traveloka di kawasan Asia Tenggara.

 

FAHRUL ANWAR