Traveloka dan Jungle Ventures Pimpin Investasi Seri A Startup Vietnam

Citigo Software mengembangkan Kiotviet. (Foto: istimewa)

youngster.id - Traveloka dan Jungle Ventures memimpin pendanaan Seri A dari startup perangkat lunak (SaaS) Vietnam, Citigo Software. Dalam pendanaan itu, startup tersebut menghimpun US$6 juta untuk perangkat lunak manajemen toko berbasis komputasi awan (point of sale), KiotViet.

“Dana tersebut akan kami gunakan untuk memperluas jaringan bisnis ke semua provinsi dan kota Vietnam, terutama ke daerah-daerah terpencil di mana terdapat akses teknologi yang lebih rendah,” begitu bunyi keterangan resmi Citigo, dilansir dari KrAsia Kamis (15/8/2019).

Sebagai bagian dari kesepakatan dengan KiotViet, Assistant Vice President of Investment, Traveloka, Elsa Chandra akan bergabung dengan dewan direksi startup Vietnam tersebut.

Citigo mengembangkan KiotViet pada 2014 dengan menawarkan solusi perangkat lunak, seperti manajemen inventaris, arus kas, pemasaran, dan solusi manajemen kepada lebih dari 70.000 usaha mikro dan usaha kecil dan menengah (UMKM) di 63 provinsi Vietnam.

Sejak awal, KiotViet mencatatkan pertumbuhan 250% (year-on-year). KiotViet dinobatkan sebagai salah satu dari 50 perusahaan IT terkemuka Vietnam pada 2018 oleh Asosiasi Perangkat Lunak dan Layanan TI Vietnam. Sebelumnya, Traveloka juga telah berinvestasi dalam putaran Seri A insurtech Pasar polis serta putaran kedua pendanaan Seri B dari startup asal Singapura, PouchNATION.

Baca juga :   HaloHola Tawarkan Layanan Streaming Konten Bebas Kuota

Selain Traveloka, Jungle Ventures juga berperan besar dalam putaran pendanaan terbaru Citigo. Ini adalah kucuran investasi pertama dari modal ventura asal Singapura. “Kami akan meningkatkan kapasitas tim yang akan didukung oleh Jungle Ventures melalui saran tentang perekrutan personel kunci,” papar perusahaan itu lagi.

STEVY WIDIA