UKM Binaan RKB Siap Bersaing Secara Global

Para UKM pemenang penghargaan TelkomCraft Indonesia 2018. (Foto: Fahrul Anwar/Youngster.id)

youngster.id - Mengakhiri TelkomCraft Indonesia 2018, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk sebagai penyelenggara memberikan penghargaan kepada UKM terbaik peserta pameran. Apresiasi ini dimaksud agar UKM Indonesia dapat menghasilkan karya terbaik dan sekaligus berdaya saing, sehingga diharapkan dapat menembus pasar global.

“Melalui Telkom Craft Indonesia 2018 ini, Telkom membuktikan bahwa UKM binaan RKB sudah siap bersaing secara global sekaligus menjadi penggerak ekonomi digital Indonesia. Hal ini sejalan dengan tekad pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” ucap Alex J.Sinaga Direktur Utama PT Telkom mengenai penghargaan tersebut, Minggu (25/3/2018) di Jakarta.

Penghargaan ini diberikan dalam lima kategori yaitu, Best of the Best kategori Fashion (Suke Clothing), Best of the Best kategori Craft (Amalia Jewelry), Best of the Best kategori Food (Rendang Uninem). Kemudian Favorit Exhibitor (Ghazy Leather), dan Biggest Transaction via TCASH (Monze Leather).

Peraih Best of the Best mendapat penghargaan istimewa untuk ikut serta dalam festival berskala internasional Tong Tong Fair di Belanda.

Baca juga :   Dukung Pendidikan, Datascrip Gelar Aksi Sosial di Binjai

“Pastinya, senang dan nggak ada firasat bisa terpilih sebagai Best of the Best kategori Fashion untuk Suke Clothing di ajang sekelas internasional seperti Telkom Craft Indonesia 2018 ini. Yang pasti penghargaan ini bisa memotivasi dan menjadi penyemangat saya untuk lebih membesarkan Suke Clothing kedepannya,” kata Yuris, Fonder Suke Clothing.

Pameran ini menghadirkan 400 UKM, terdiri dari UKM Binaan Telkom sebanyak 224 stand (56%), UKM Binaan BUMN lain sebanyak 104 stand (26%), san UKM dari komunitas sebanyak 72 stand (18%). Mereka terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu Fashion sebanyak 209 stand (52%), Craft sebanyak 115 stand (28%) dan Food sebanyak 76 stand (20%).

Dan dalam empat hari, nilai transaksi yang terkumpul mencapai lebih dari Rp 20,1 miliar. Nilai transaksi tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai transaksi Telkom Craft Indonesia 2017.

 

FAHRUL ANWAR