XL Axiata Bangun Pusat Monitoring Terpadu

Menteri Rudiantara meresmikan pusat monitoring XL Axiata “Customer Experience & Service Operation Center” (CE & SOC) (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Sebagai operator telekomunikasi terbaik kedua di Indonesia, PT XL Axiata Tbk terus berupaya membuktikan diri dalam memenuhi segala kebutuhan pelanggannya. Salah satunya dengan membangun pusat monitoring kualitas layanan terpadu “Customer Experience & Service Operation Center” (CE & SOC).

Pusat monitoring CE & SOC ini Diluncurkan secara resmi oleh Menkominfo RI,  Rudiantara, pada Rabu, 15 Oktober 2018 di gedung XL Axiata kawasan Kuningan Jakarta.

Rudiantara berpesan, dengan berfokus pada user experience dan penggunaan machine learning diharapkan pengembangan produk dan layanan XL Axiata bisa semakin tajam sesuai segmentasi pelanggannya. “Untuk itu, teruslah kembangkan layanan beyond telecomunication ini karena value industri selular ada di sana, ” katanya.

Menurut Dian Siswarini, Direktur Utama & CEO PT XL Axiata, pembangunan pusat monitoring ini seiring dengan terus meningkatnya jumlah pelanggan XL setiap harinya. Termasuk meningkatnya trafik pemakaian, terutama dalam layanan data dengan jumlah sebesar 79% dari total pelanggan merupakan pelanggan data.

Baca juga :   Bidik Anak Muda Milenial, XL Axiata Luncurkan “AXIS HITZ”

“Untuk memenuhi semua kebutuhan layanan data ini semua wilayah sudah tersedia. Saat ini sudah lebih dari 380 kota/kabupaten yang terjangkau 4G LTE dan lebih dari 460 kota terjangkau 3G, dan ini tentunya juga akan terus bertambah. Oleh karena itu, kami memastikan semua pelanggan bisa mendapatkan layanan terbaik. Jadi dengan diresmikan pusat monitoring ini  kami memerlukan suatu pusat komando yang mampu memonitor secara terus menerus kondisi layanan secara menyeluruh,” jelas Dian.

Pusat Monitoring CE & SOC ini terdiri dari ruang monitoring yang terintegrasi untuk 4 NOC (Network Operation Center) yang berbeda, yaitu Jaringan Telco, IT Infrastructure, IT Apps, dan Billing.

Melalui fasilitas canggih ini, XL Axiata akan memiliki visibilitas yang lebih baik dan spesifik dalam memastikan kualitas layanan layanan, misalnya terkait layanan game, media sosial, streaming, broadband baik perumahan maupun bergerak, juga bisnis enterprise. Selain itu, melalui CE & SOC ini juga akan bisa dilakukan pemantauan atas kondisi jaringan secara real time di seluruh wilayah layanan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca juga :   Latihan Kepemimpinan Bagi 225 Mahasiswa di AKMIL Magelang

Di lokasi pusat monitoring ini tersedia sejumlah fasilitas ruangan untuk berkoordinasi yang disertai dengan berbagai fasilitas yang canggih untuk mempermudah koordinasi dalam mengatasi potensi permasalahan terkait dengan performa jaringan dan kualitas layanan, sehingga kegiatan pemantauan dilakukan oleh tim siaga setiap hari selama 24 jam atau 7 hari dalam sepekan guna memastikan XL Axiata dapat memberikan layanan yang terbaik bagi lebih dari 52 juta pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

FAHRUL ANWAR