XL Kembangkan Layanan Bisnis Digital Lewat Membership Card

(ki-ka) Chief Digital Service Officer XL, Joseph Lumban Gaol, Penyanyi anak-anak, Naura dan ibu Naura, Nola B3 dalam acara peluncuran membership card untuk penggemar naura di Jakarta.(Foto: XL/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - PT XL Axiata Tbk (XL) mengembangkan layanan “membership card” untuk menggenjot bisnis digital. Dengan produk ini pelaku industri kreatif dapat membangun ikatan emosional dengan masyarakat melalui sarana digital.

“Sebagai penyedia layanan digital, XL juga terus mengembangkan layanan-layanan digital yang mampu meningkatkan kinerja dan produktivitas teman-teman di industri kreatif juga industri hiburan. Dengan teknologi digital, pelaku industri bisa membangun keterhubungan dengan berbagai stakeholdernya secara lebih simple, termasuk dengan para penggemar, pelanggan, atau konsumen. Kami yakin, keterbuhungan yang baik akan menjadi modal penting dalam membangun suatu produk kreatif,” kata Chief Digital Service Officer, Joseph Lumban Gaol dalam siaran pers Minggu (5/2/2017).

Joseph menjelaskan, membership card yang dikembangkan XL ini berbasis pada SimCard. Dengan demikian, kartu tersebut selain sebagai penanda keanggotaan seseorang di suatu komunitas, juga sekaligus menjadi saranan membangun kolaborasi yang lebih dalam antara para anggota komunitas dengan artis idolanya, penyelenggara produk layanan digital yang dipergunakannya, bahkan lebih dalam lagi dengan tim kraetif di balik terciptanya suatu layanan.

Layanan membership card dari XL ini telah dimanfaatkan oleh artis cilik berbakat Naura dan startup penyedia layanan streaming film Indonesia “MOX”.

Menurut Josepth, Naura adalah contoh generasi native digital yang tumbuh dan berkembang di masa teknologi digital yang juga berkembang pesat. Anak dari Nola B3 ini berhasil meng-engage generasi digital sebayanya melalui lagu-lagu yang mempromosikan nilai-nilai positif untuk anak. Selain itu, XL Digital Service melihat Naura sebagai model untuk membangun industri kreatif berbasis digital, khususnya dalam industri hiburan untuk anak yang memang diperuntukkan untuk seusianya.

Karena alasan tersebut di atas maka XL ingin ikut serta berperan dalam memberikan dukungan kepada Naura untuk bisa terus mengembangkan bakat dan karyanya dengan menyediakan “Dongeng Naura Card”, kartu member bagi penggemar Naura dalam bentuk simcard XL. Melalui Dongeng Naura Card ini, XL Digital Service ingin membantu menyediakan sarana untuk membangun keterhubungan yang mudah dan simple antara Naura dengan anak-anak Indonesia.

Joseph menjelaskan konsep ini juga membangun ekosistem yang relevan terhadap anak, misal: orang tua, industri/produsen produk/jasa untuk anak. Dengan keterhubungan ini, Naura akan bisa menjadi suatu ”˜hub”™ yang memungkinkan adanya interaksi dan transaksi antara industry/produsen produk/jasa untuk anak, orang tua dan anak-anak secara digital. Selain itu, melalui hubungan tersebut pula, Naura dapat melakukan kurasi atas siapa saja industry/produsen produk/jasa yang memiliki kesamaan nilai-nilai positif dalam kehidupan anak yang diusung oleh Naura. XL Digital Service ingin bersinergi dengan management Naura untuk membangun kembali industri hiburan anak yang berkualitas sekaligus berkelanjutan.

Pada Kartu Dongeng Naura ini telah disertakan sejumlah manfaat bagi para penggemar. Selain bisa dijadikan special memorabilia atau dikoleksi, pemiliknya bisa menikmati manfaatnya yaitu gratis mendapatkan layanan MoodMusic Naura, dan mendengarkan lagu-lagu Naura di Yonder sepuasnya. Selain itu juga bisa dipakai sebagai e-money karena setiap kartu Naura mendapatkan saldo Rp 20 ribu yang dapat dipakai untuk bertransaksi via XL Tunai. Selanjutnya, karena kartu ini dalam bentuk simcard XL, maka juga dapat digunakan untuk menelepon selama pulsa tersedia.

 

STEVY WIDIA