Yoga Mandala : Kembangkan Direktori Online Berbasis Big Data Untuk Bisnis Komersial

Yoga Mandala Putra Sugiharto, Founder & CEO Flondr.com (Foto: Fahrul Anwar/Youngster.id)

youngster.id - Belakangan ini istilah Big Data semakin popular.  Apalagi penggunaan big data untuk mendukung bisnis sudah banyak dilakukan sejumlah perusahaan. Bahkan, pelaku bisnis rintisan pun mulai memanfaatkan data bagi pengembangan usahanya.

Salah satu contoh kegunaan Big Data pada bisnis adalah untuk membuat perusahaan mengetahui siapa pelanggannya dengan lebih baik. Maklum, semua perusahaan tentunya ingin mengetahui siapa yang membeli produknya dan digunakan untuk apa produk tersebut. Big Data juga digunakan untuk memecahkan masalah di bidang pertanian, layanan kesehatan, travel, dan tentu saja, bisnis komersial.

Ini yang membuat Big Data penting artinya di era industri digital. Nah, berangkat dari kebutuhan itu Yoga Mandala Putra Sugiharto membangun Flondr. Ini adalah sebuah aplikasi mobile yang menyediakan informasi mengenai tempat-tempat menarik dengan mudah. Di platform ini Anda dapat melakukan pencarian alamat, nomor telepon, jam buka dan informasi lainnya seusai dengan kebutuhan.

“Jadi Flondr.com ini adalah perusahaan Big Data yang berupa directory online,” ucap Yoga, Founder sekaligus CEO dari Flondr kepada Youngster.id.

Baca juga :   Big Data Dorong Kebutuhan Kerja Di Masa Depan

Dia mengungkapkan, tujuannya membangun Flondr adalah untuk membantu masyarakat dalam mencari informasi bisnis komersial di Indonesia. Secara konsep, aplikais ini bekerja layaknya directory online yang menampung informasi mengenai tempat atau toko-toko komersial.

“Saya menyadari banyak perusahaan, terutama toko-toko komersial, yang informasinya susah didapat di masyarakat. Di sini Flondr hadir untuk membantu mereka menemukan informasi, lokasi dan terhubung dengan bisnis yang dimaksud,” ungkapnya.

Aplikasi ini dirintis sejak pertengahan tahun 2016 dan baru diluncurkan di akhir 2017. Menurut Yoga melalui Flondr.com masyarakat akan mendapat informasi lengkap mulai dari alamat situs, akun media sosial, hingga kontak BBM dan WhatsApp.