100 Acara Pariwisata Unggulan 2018

Menteri Pariwisata Arief Yahya. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Kementerian Pariwisata akan memilih 100 Wonders Events yang tersebar di seluruh Indonesia mewakili keunikan budaya dan diselenggarakan sepanjang tahun. Perhelatan ini ditetapkan pada 30 Oktober 2017 mendatang.

Event yang masuk top 100 itu masing-masing dikaji secara profesional baik impact ekonomi, sosial dan budayanya. Kesepuluh event ini merupakan event unggulan yang menjadi fokus promosi pariwisata Indonesia.

“Dari 100 event primer yang sudah dikurasi, ada yang sudah mendatangkan wisman di antaranya JFF dan Pesta Kesenian Bali,” kata I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara dalam keterangan resmi, Minggu (1/10/2017).

Dengan tema Calendar of Event 2018: Sinergi Mencapai 17 Juta Wisman dan 270 Juta Wisnus di Tahun 2018, Tahun depan ada dua event internasional yang akan mendatangkan puluhan ribu wisman. Yaitu Asian Games di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018 serta Pertemuan Bank Dunia-IMF di Bali pada Oktober 2018.

Kedua ajang tersebut tentunya bakal memberikan dampak langsung terhadap pencapaian target 17 juta wisman di tahun depan.

“Tahun 2018 kita ingin punya lebih dari 100 premier event berskala internasional untuk menggenjot kunjungan wisman. Untuk itu perlu ada stimulus di setiap daerah agar menciptakan event berskala internasional masuk dalam Calendar of Event Kemenpar sebagai Wonderful Indonesia Calendar of Event 2018,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata.

Ia lebih lanjut menuturkan perlu ada perhatian untuk event pariwisata terus berlangsung. “Karena itu perlu ditingkatkan lagi dan dikelola lebih baik lagi,” pungkas Arief.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version