Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

4 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Indonesia Spice Up the World

17 Agustus 2021
in Analyze, Headline
Reading Time: 3 mins read
Indonesia Spice Up The World

Program lintas kementerian Indonesia Spice Up The World bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi pariwisata, khususnya di bidang kuliner Indonesia di mata dunia (Foto: Ilustrasi/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Indonesia memiliki kekayaan di berbagai bidang termasuk di bidang kuliner. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya sendiri-sendiri, lengkap dengan bumbu khas masing-masing daerah yang diracik dengan rempah-rempah Indonesia.

Meski sudah terkenal karena kekayaan rempahnya sejak dulu, namun bisa dibilang kuliner khas Indonesia sendiri masih belum cukup dikenal di kancah internasional. Untuk ukuran popularitas, dapat dilihat dominasi kuliner khas Indonesia tidak sebesar kuliner dari negara lain baik Eropa maupun Asia.

Indonesia Spice Up the World merupakan suatu program lintas kementerian yang bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi pariwisata, khususnya di bidang kuliner Indonesia di mata dunia. Program ini direncanakan untuk mempromosikan bumbu dan rempah-rempah Indonesia supaya lebih dikenal di kancah internasional.

Ingin tahu hal-hal yang harus kamu ketahui tentang Indonesia Spice Up the World? Mari simak pembahasannya yang telah dirangkum oleh Batam Tourism Polytechnic (BTP):

Fokus pada BuImbu

Bukan hanya berfokus pada rempah-rempah mentah, program ini juga berfokus untuk mempromosikan bumbu masakan Indonesia. Hal ini dikarenakan bumbu jadi dinilai lebih mudah untuk dipelajari. Bumbu yang akan dipromosikan adalah bumbu siap pakai, yaitu bumbu merah, putih, dan kuning.

Baca juga :   KBRI Gelar Pekan Kuliner Indonesia di Moskow

Dengan mengetahui bumbu dasarnya, diharapkan para chef bisa mempelajari masakan Indonesia dengan lebih mudah. Selain itu, fokus ekspor bumbu jadi juga dinilai lebih efektif, dibandingkan dengan ekspor rempah-rempah yang memiliki risiko kerusakan yang lebih tinggi.

Mempromosikan Lima Jenis Bumbu

Salah satu tantangan mempromosikan kuliner Indonesia ke luar negeri adalah jenis masakan Indonesia yang beragam. Selama ini kita kesulitan menentukan salah satu menu untuk difokuskan untuk diperkenalkan ke dunia internasional.

Program Indonesia Spice Up The World fokus mempromosikan bumbu untuk lima masakan yaitu rendang, nasi goreng, sate, soto, dan gado-gado. Selain itu, Indonesia juga mempromosikan bumbu pendukung, seperti kecap manis dan kacang tanah.

Sementara, rempah-rempah Indonesia yang dipromosikan adalah lada, pala, cengkeh, jahe, kayu manis, dan vanilla.

 

Dibagi Menjadi Empat Pilar

Baca juga :   Kuliner Indonesia Memukau Academy International of Gastronomy di Paris

Program ini sendiri dibagi menjadi empat pilar yang saling berkaitan satu sama lain, yaitu:

  1. Produk Bumbu dan Olahan Pangan

Pilar pertama bertujuan untuk mempromosikan produk bumbu dan olahan pangan. Pilar ini meliputi produksi, pengemasan, pameran bumbu, dan pendampingan pembiayaan.

  1. Restoran Indonesia

Pilar kedua bertujuan untuk mempromosikan restoran Indonesia di luar negeri. Hal ini dilakukan dengan cara desain ulang dan bantuan promosi. Selain itu, akan dilakukan kolaborasi dengan menghadirkan chef dan memastikan pasokan bahan baku.

  1. Promosi Kuliner

Pilar ketiga bertujuan untuk meningkatkan awareness terhadap kuliner Indonesia. Akan diadakan program-program untuk meningkatkan promosi kuliner yang terdiri dari festival, konten digital, kegiatan kolaborasi media, pameran, dan konferensi forum.

  1. Indonesia Destinasi Kuliner

Pilar terakhir bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai daerah destinasi kuliner. Pilar ini mendorong adanya pola perjalanan pariwisata bertema kuliner. Program ini mencakup penyiapan destinasi gastronomi, perjalanan wisata, dan konten destinasi kuliner.

 

Pelaksanaan Program di New York, Amerika

Baca juga :   Kepemilikan Media Sosial Akan Dibatasi, Minimal Usia 17 Tahun

Program Indonesia Spice Up the World ini mencakup kunjungan kerja ke New York, Amerika. Kunjungan kerja ini bertujuan untuk menyiapkan beberapa langkah awal persiapan seperti melakukan penguatan jejaring dengan pegiat kuliner, importir bumbu, dan pengusaha restoran non-Indonesia yang ada di New York.

Amerika dipilih sebagai negara untuk melaksanakan program ini karena beberapa alasan. Antara lain, Amerika adalah salah satu negara yang perekonomiannya sudah kembali bergerak di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, New York memiliki peluang besar karena terdapat 100-150 restoran Indonesia.

Dengan potensi yang besar dan daya beli yang sudah membaik, diharapkan akan membantu suksesnya pelaksanaan program ini. Restoran-restoran Indonesia nantinya akan berperan untuk meningkatkan ekspor rempah-rempah Indonesia maupun sebagai pengumpan potensi wisata kuliner Indonesia.

Itu tadi beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai Indonesia Spice Up the World. Adanya program ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi pegiat pariwisata dan kuliner di dalam negeri. (AMBS)

Tags: IIndonesia Spice Up the WorldIndonesia destinasi kulinerkuliner indonesiamasakan dan bumbu khas daerahproduk bumbu dan olahan panganrestoran Indonesia
Previous Post

4 Aktor Muda Diangkat Sebagai Duta Festival Film Indonesia 2021

Next Post

Lebih dari 14 Juta UMKM Sudah Gabung E-Commerce Hingga Agustus 2021

Related Posts

Foodtruck Jajanan Bango, Ajak Anak Muda Kembali Mengenal Kuliner Tradisional
News

Foodtruck Jajanan Bango, Ajak Anak Muda Kembali Mengenal Kuliner Tradisional

25 September 2025
0
aplikasi GoBiz
News

GoFood Rilis Tren dan Lanskap Kuliner Indonesia dari Mitra UMKM

7 Agustus 2022
0
KBRI Gelar Pekan Kuliner Indonesia di Moskow
News

KBRI Gelar Pekan Kuliner Indonesia di Moskow

6 Maret 2017
0
Load More
Next Post
Usaha Ultra Mikro Perempuan

Lebih dari 14 Juta UMKM Sudah Gabung E-Commerce Hingga Agustus 2021

Telkomsel IoT Envion

IoT Envion, Solusi Berbasis AI untuk Otomasi dan Optimasi Sistem Manajemen Energi Perusahaan

Pelajar Indonesia Jadi Runnerup Kompetisi ITC ke-15

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version