Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

4 Tips Jitu untuk Menjadi Merek Lokal yang Unik dan Mampu Bersaing

5 September 2021
in Headline, News
Reading Time: 3 mins read
Madame Gie

Madame Gie dikenal sebagai beauty brand selebriti. (Foto: istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pemerintah menginisasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang bertujuan agar masyarakat mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk UMKM lokal. Belakangan merek lokal juga semakin meningkatkan kualitas dan tak kalah bersaing dengan brand luar.

Untuk mendukung UMKM Indonesia membangun identitas merek yang unik dan dapat bersaing, Zilingo berkolaborasi dengan merek kecantikan lokal ternama, Madame Gie menggelar webinar interaktif ‘Ngopi Bareng Zilingo Trade’.

Githa Lucentia, Marketing Communications, Madame Gie dan Jamilah, Senior Business Development Manager, Zilingo Indonesia membahas kiat-kiat relevan untuk pemulihan merek lokal Indonesia dengan memperkuat identitas merek dan memanfaatkan saluran pemasaran yang tepat.

Simak empat arahan utama berikut ini agar merek dan bisnis lintas skala dapat mengembangkan bisnis dengan identitas merek yang unik:

Tentukan target audiens yang jelas dalam membangun identitas merek

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pelaku UMKM dalam membangun identitas merek adalah tidak menentukan target audiens yang jelas. Pelaku usaha perlu tahu dan mengenali target audiensnya siapa, kebiasaannya seperti apa, pola perilaku yang dimiliki seperti apa serta hal-hal yang disukai apa saja.

Baca juga :   Dukung Brand Fashion Lokal Jadi Tuan Rumah Di Negeri Sendiri

“Penting bagi kita untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai target audiens kita sendiri. Dengan mengetahui dengan jelas siapa target audiensnya, kita bisa konsisten dalam menyuguhkan konten promosi produk,” kata Ghita. Dia juga menyarankan agar pelaku usaha untuk belajar dari kompetitor agar bisa menghindari duplikasi dan bisa berinovasi dengan lebih kreatif lagi.

Bentuk identitas merek yang jelas dan tonjolkan keunggulan produk

Dengan banyaknya merek-merek lokal yang bermunculan selama pandemi, persaingan antar bisnis menjadi lebih sulit. Jamilah menjelaskan, saat ini sudah banyak sekali merek-merek khususnya di industri kecantikan yang mengklaim produk mereka berbahan alami, memiliki formula yang long lasting, hingga menyuguhkan tampilan yang fun dan playful yang cocok untuk kalangan remaja. Hal-hal tersebut merupakan salah satu contoh bagaimana merek dapat membangun identitas yang jelas, mengidentifikasi keunggulan produk dibandingkan dengan kompetitor di bidang industri yang sama.

Sebagai platform solusi bisnis satu atap, Zilingo menghadirkan layanan pemasaran atau Zilingo Marketing Services yang ditujukan untuk membantu merek lokal dalam membangun identitas merek yang dan siap bersaing dengan merek lokal lainnya. Disajikan dalam format a la carte, merek dan bisnis dapat memilih layanan yang mereka butuhkan mulai dari layanan fotografi dan videografi berkualitas tinggi untuk pemotretan produk, pemotretan tematik dengan konsep khusus, produksi video untuk berbagai kanal, hingga pembuatan katalog cetak untuk bahan promosi.

Baca juga :   JD.ID Optimalisasi Teknologi Digital Untuk Tingkatkan Layanan dan Kepercayaan

Saat membangun identitas brand yang unik, membuka akses seluas-luasnya kepada konsumen agar dapat dijangkau dengan mudah adalah hal yang baik, namun juga diperlukan pendekatan yang khusus dari merek ke konsumen. “Contohnya dengan menjadi merek yang bersahabat untuk semua kalangan dari kelas sosial berbeda. Bisa dilihat bahwa jarang sekali celebrity beauty brand yang memiliki harga murah. Maka dari itu, Madame Gie hadir sebagai beauty brand selebriti dengan harga terjangkau dan bersahabat dengan masyarakat. Setiap kali kita posting dan melakukan live streaming di media sosial pasti melibatkan pengguna Madame Gie atau yang kita sebut sebagai MG-ers.” Hal ini ditujukan agar konsumen merasa memiliki ikatan dengan merek dan akhirnya dapat terbangun rasa kepercayaan dan loyalitas.

Baca juga :   Festival Beli Lokal 2024 Jadi Panggung Bagi UMKM Lokal Jangkau Pasar Lebih Luas

Manfaatkan saluran digital yang paling efisien dalam membangun identitas merek

Hal yang tidak kalah penting dalam membangun identitas merek, adalah memanfaatkan saluran digital dalam skema penjualan dan pemasaran. Jamilah menyarankan agar pelaku UMKM dapat membagi saluran digital menjadi dua saluran fokus, yaitu saluran akuisisi dan saluran retensi. Saluran akuisisi merupakan gerbang awal dimana konsumen dan pasar mengetahui produk Anda.

Kini, pelaku usaha dapat memanfaatkan kekuatan media sosial dengan membuat konten yg khas dan unik agar lebih dikenal masyarakat. Yang kedua adalah saluran retensi, yaitu saluran yang digunakan agar konsumen selalu ingat dan loyal pada merek tertentu. Pastikan konsumen dapat dengan mudah membeli produk secara online di marketplace seperti Zilingo.

“Jika pelaku usaha memiliki website sendiri, konsumen bisa berlangganan buletin/ subscribe newsletter dengan memasukkan alamat email dan kedepannya konsumen bisa menerima berita/update produk dan mungkin informasi lainnya seperti promo/campaign. Semakin besar dan fleksibel, semakin bagus pula saluran tersebut,” tutup Jamilah.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: brand lokalGerakan Nasional Bangga Buatan IndonesiaMadam GieUMKM LokalzilingoZlingo Trade
Previous Post

Makin Eksis Dance Competition, Ajang Kreativitas Anak Muda

Next Post

Harpelnas, Apresiasi Lebih Untuk Kepuasan Pelanggan

Related Posts

Stephanie Indrajaya, Desainer Fashion Itu Harus Punya Cita Rasa dan Strategi Keberlanjutan
Creativepreneur

Stephanie Indrajaya, Desainer Fashion Itu Harus Punya Cita Rasa dan Strategi Keberlanjutan

14 Juli 2025
0
Yisti Yisnika, Mulai dari Bisnis Jastip Hingga Bangun Brand Fashion Lokal
Creativepreneur

Yisti Yisnika, Mulai dari Bisnis Jastip Hingga Bangun Brand Fashion Lokal

13 Juni 2025
0
Asia Grassroots Forum 2025
News

Potensi UMKM Lokal Jadi Bahasan Asia Grassroots Forum 2025

17 April 2025
0
Load More
Next Post
ekonomi digital

Harpelnas, Apresiasi Lebih Untuk Kepuasan Pelanggan

Food waste

Tiga Cara Kurangi Food Waste di Tengah Pandemi

ITERA PLTAL

Protipe Deflektor Ini Bisa Tingkatkan Kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version