youngster.id - FedEx Express mengumumkan 6 pelajar pemenang FedEx Express/Junior Achievement International Trade Challenge (FedEx/JA ITC) tahun ini di Indonesia. Keenam calon wirausahawan muda ini akan mewakili Indonesia di kompetisi tingkat Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika (AMEA).
FedEx/JA ITC adalah kompetisi regional yang bertujuan untuk memupuk jiwa kewirausahaan dan keterampilan siswa serta memperkenalkan mereka pada dasar-dasar perdagangan global.
Mereka akan berkolaborasi dan bersaing dengan pelajar dari sembilan pasar AMEA lainnya – Hong Kong SAR, Thailand, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam.
Keenam pelajar yang akan maju ke babak final di AMEA FedEx/JA ITC itu adalah: pertama, Fauzanda Lathifanka Sunarko dan Chandrakanti La Faini Putri (Tim We Care Indonesia) dari SMAN 3 Semarang. Merek/Produk yang disajikan: Minyak Tarantula, obat gosok khas indonesia dengan bahan dasar minyak atsiri dan jamu tradisional untuk meredakan pegal linu.
Kedua, Felicia Olyviana dan Vala Kalinda Salsabila (Tim B-Earthy) dari Binus School Serpong. Merek/Produk yang disajikan: Kh-dei, bumbu nasi nabati yang mengandung vitamin harian yang dibutuhkan. Ketiga, Nadyta Khansa Mahadewi Riawan dan Anastasya Larasati Putri Yuwono (Leemors Team) dari SMAN 1 Krian. Merek/Produk yang disajikan: MouMou Spray, semprotan pengusir nyamuk dengan aroma serai.
Untuk mempromosikan pembelajaran lintas budaya, para pemenang akan dikelompokkan secara acak ke dalam tim yang terdiri dari peserta dari negara berbeda. Tujuannya adalah untuk mendorong pemikiran kolaboratif dan mendorong para peserta mendapatkan beragam pengetahuan serta pengalaman lokal ke panggung AMEA.
“Saya bangga dapat menyaksikan sekelompok pelajar muda cemerlang yang telah menunjukkan kreativitas, kecerdikan, dan energi mereka dalam menjawab tantangan dunia nyata di era new normal ini. Program tahunan ini sangat penting bagi FedEx, dimana program ini sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung dan memperjuangkan usaha kecil dan menengah. Kami percaya bahwa investasi sejak dini pada kaum muda dapat membentuk masa depan ekonomi global,” kata Garrick Thompson, Managing Director, FedEx Express Indonesia, Selasa (19/7/2022).
Sejak diluncurkannya pada tahun 2021, FedEx/JA ITC telah diadakan secara virtual. Tahun ini, 204 siswa dari 42 sekolah di 23 wilayah di seluruh Indonesia mengikuti kompetisi lokal yang diawali dengan dua workshop. Pada acara pembelajaran ini, para peserta mendapatkan sesi interaktif, sesi diskusi yang inspirasional, dan bimbingan langsung dari FedEx dan JA Indonesia, serta pakar industri, dalam memahami konsep-konsep utama tentang logistik, keuangan, dan perdagangan global.
HENNI SOELAEMAN
Discussion about this post