Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Adjust: Aplikasi Belanja Dominasi Pasar Asia Pasifik di Paruh Pertama 2025

6 Agustus 2025
in Analyze, Headline
Reading Time: 2 mins read
aplikasi belanja

Adjust: Aplikasi Belanja Dominasi Pasar Asia Pasifik di Paruh Pertama 2025 (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Ada pergeseran strategi dalam pendekatan akuisisi pengguna (user acquisition) oleh merek-merek di Asia Pasifik (APAC) dan global. Dengan teknologi AI dan strategi penargetan yang lebih cerdas sebagai ujung tombaknya, aplikasi belanja kini mulai beralih dari pendekatan yang berfokus pada skala ke strategi yang menargetkan pengguna dengan nilai dan keterlibatan tinggi.

Hal itu terungkap dari laporan terbaru perusahaan pengukuran dan analitik Adjust, yang bertajuk Shopping App Insights Report: 2025 Edition. Laporan Adjust menyoroti perubahan signifikan dalam pola pertumbuhan mobile commerce di berbagai wilayah.

Laporan itu menyebutkan, secara global instalasi aplikasi e-commerce turun sebesar 14% secara tahunan (YoY) di paruh pertama 2025, jumlah sesi justru meningkat 2%, menunjukkan bahwa aplikasi mulai menarik lebih sedikit pengguna namun dengan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi. Tren ini juga terlihat dari peningkatan reattribution share secara global untuk aplikasi e-commerce—naik 29% di H1 2025 dibandingkan 2023—yang menandakan adanya investasi yang lebih besar dari merek untuk menjangkau kembali pengguna yang sudah ada, alih-alih hanya fokus mengakuisisi pengguna baru.

Baca juga :   Snapcart Target Naikkan Pendapatan Tiga Kali Lipat

Sebaliknya, di APAC justru bersinar dengan pertumbuhan lebih dari 13% dan peningkatan sesi sebesar 2% YoY selama paruh pertama 2025.

April Tayson, Wakil Presiden Regional INSEA, Adjust mengatakan, secara global dan di Asia Pasifik, pihaknya melihat lanskap mobile commerce yang tidak hanya berkembang tetapi juga semakin matang.

“Aplikasi belanja yang paling sukses adalah yang mampu menggabungkan penargetan berbasis AI dengan pengalaman yang konsisten dan bermakna di setiap titik sentuhnya. Di sinilah kepercayaan dan keterlibatan jangka panjang terbangun jauh setelah instalasi pertama,” kata Tayson, Rabu (6/8/2025).

Secara global, aplikasi belanja menyumbang lebih dari 75% dari semua instalasi e-commerce antara 2024 hingga paruh pertama 2025, namun hanya menghasilkan 36% dari total sesi pengguna, hal ini menunjukkan adanya kesenjangan dalam keterlibatan jangka panjang. Sebaliknya, aplikasi marketplace mendorong 60% sesi meskipun hanya mencakup 20% instalasi. Durasi sesi untuk aplikasi e-commerce juga menurun di H1 2025, rata-rata hanya 9,89 menit, turun dari 10,23 menit pada 2024 secara global, sementara aplikasi marketplace mencatat rata-rata tertinggi yaitu 10,69 menit.

Baca juga :   Carmudi Indonesia Diakuisisi iCar Asia

Aplikasi marketplace juga unggul dalam retensi Hari ke-1 (Day 1) dengan 25%, sedangkan aplikasi e-commerce turun menjadi 13%.

Secara global, cost per install (CPI) untuk aplikasi e-commerce mencapai $0,99 pada kuartal pertama 2025, dengan CPI aplikasi belanja sebesar US$1,01, dibandingkan dengan aplikasi marketplace sebesar $0,89. Meski biaya akuisisi meningkat, click-through rate (CTR) tetap stabil di angka 2% secara global, menunjukkan keterlibatan pengguna yang tetap konsisten di berbagai saluran. (*AMBS)

 

Tags: Adjustaplikasi belanja
Previous Post

Instagram Tetapkan Aturan Baru Untuk Akun Yang Ingin Siaran Langsung

Next Post

Dorong Inovasi Web3 Lokal, Tokocrypto Gandeng Sekuya

Related Posts

Aplikasi kesehatan dan kebugaran
News

Aplikasi Kesehatan dan Kebugaran Terus Bertumbuh

22 September 2021
0
industri-game
News

Aplikasi Game dan Hiburan Memiliki Tingkat Pertumbuhan Paling Tinggi

14 April 2021
0
Startup Titipku.com Raih Australia Awards 2019
Headline

Pertumbuhan Transaksi Titipku Tembus 700%

4 Januari 2021
0
Load More
Next Post
Web3

Dorong Inovasi Web3 Lokal, Tokocrypto Gandeng Sekuya

Pertumbuhan UMKM di Bali Terdorong Naik Berkat Bisnis Online

Sektor Pariwisata Berkontribusi Pada Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2025

JobCity Gunakan AI Untuk Kurangi Kesenjangan Talenta dan Peluang Kerja

JobCity Gunakan AI Untuk Kurangi Kesenjangan Talenta dan Peluang Kerja

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version