youngster.id - Untuk mempermudah transaksi bagi mitra, distributor merek beras Topi Koki dan DailyMeal PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) menggandeng Bank DBS Indonesia guna mengadopsi pembayaran digital DBS MAX QRIS. Hal ini memudahkan bagi tenaga pemasar untuk mencatat transaksi secara akurat dan efisien.
Direktur Utama HDN Adi Wijaya mengatakan, seiring dengan ambisi memenuhi kebutuhan pelanggan akan beras berkualitas, pihaknya harus mengambil langkah-langkah strategis yakni menjalin kemitraan melalui jaringan ritel seperti supermarket dan pasar, industri horeca, dan kemitraan untuk solusi pembayaran satu pintu.
Menurutnya, salah satu tantangan yang dihadapi dalam operasional sehari-hari adalah pembayaran dan settlement saat transaksi. Pihaknya membutuhkan solusi pembayaran yang mudah, akurat, dan memberikan informasi secara real-time sehingga tenaga pemasar tidak direpotkan dengan administrasi dan pencatatan yang keliru.
“Sejak Februari 2023, kami menggunakan solusi pembayaran DBS MAX QRIS, sistem pembayaran digital menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) yang memberikan layanan penyelesaian kredit secara real-time dengan proses memindai untuk membayar (scan and pay),” ungkap Adi, Kamis (30/11/2023).
Saat ini, HDN menjalin kemitraan dengan 250 supermarket, 500 toko ritel, hingga 210 jaringan HOREKA (hotel, restoran, kafe) di seluruh Indonesia.
Menurut Adi, dengan dukungan DBS MAX QRIS, HDN berhasil meningkatkan efektivitas dan produktivitas operasional mereka. Hal ini tercermin dari peningkatan jangkauan nasabah sebesar 9% dengan 6% dari transaksi pembayaran dilakukan menggunakan DBS MAX QRIS. Selain itu, peningkatan pangsa pasar juga dapat terlihat melalui banyaknya transaksi yang mencapai 7.250 transaksi selama tahun 2023.
Head of Global Transactions Services PT Bank DBS Indonesia Dandy Pandi mengatakan, pihaknya senang dapat membantu HDN untuk berekspansi dengan memberikan solusi pembayaran melalui DBS MAX QRIS.
“Dengan mengadopsi solusi teknologi digital untuk pembayaran, hal ini dapat menyederhanakan proses transaksi sehingga memberikan efisiensi operasional bagi pelaku bisnis. Dengan transaksi yang lebih ringkas, kami berharap kini PT HDN tidak perlu dirumitkan dengan urusan perbankan dan bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnisnya, sehingga dapat ‘Live more, Bank less’,” kata Dandy.
Dijelaskan Dandy, solusi DBS MAX QRIS ini menawarkan tiga keunggulan. Pertama, DBS MAX QRIS membantu PT HDN untuk melakukan rekonsiliasi transaksi secara real-time, memastikan bahwa semua transaksi tercatat dengan akurat sehingga transaksi lebih efisien. Hal ini sangat penting sehingga tenaga pemasar yang mencatat transaksi agar tidak dirumitkan dengan proses administrasi.
Kedua, HDN akan mendapat notifikasi instan setelah pembayaran selesai dilakukan sehingga transaksi terverifikasi dengan cepat dan aman. Notifikasi instan ini memudahkan pencatatan akan pembayaran simultan yang terjadi di beberapa outlet sekaligus, sehingga memberikan transparansi dan menghindari adanya duplikasi data.
Ketiga, memberi manfaat bagi para mitra, karena dengan menggunakan DBS MAX QRIS, mereka tidak perlu lagi menyediakan uang tunai untuk pembayaran dan memudahkan pembukuan.
“Sejak diluncurkan tahun 2022, DBS MAX QRIS memberikan solusi pembayaran digital kepada 10 perusahaan hingga Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bertransformasi secara digital. Selain menjamin kelancaran pembayaran kepada mitra, DBS MAX QRIS pun memberikan laporan yang komprehensif dan terintegrasi dengan Q-RIS Encore report,” klaim Dandy.
STEVY WIDIA
Discussion about this post