youngster.id - Seiring dengan berkembangnya era digital, kini setiap brand perlu memiliki kanal distribusi dan penjualan digital yang mudah diakses secara online.
Menurut riset Kominfo tahun 2022, 94% penduduk Indonesia mengandalkan e-commerce untuk berbelanja, dimana 28.5% diantaranya mengaku berbelanja online beberapa kali dalam sebulan.
Bahkan, estimasi nilai belanja online di Indonesia telah mencapai Rp851 triliun. Tren ini menjadi potensi pertumbuhan besar bagi brand untuk menjangkau basis konsumen yang lebih luas.
Kendati begitu, brand dan penjual online kerap menemui tantangan ketika mengelola toko di e-commerce. Antara lain, kurangnya inovasi digital, laporan keuangan yang belum memadai sehingga kesulitan memperoleh akses pembiayaan perbankan, rendahnya produktivitas, strategi pemasaran yang kurang efektif, kualitas produk atau layanan yang kurang konsisten, hingga mindset yang kurang kompetitif.
Menyikapi permasalahan tersebut, AHA Commerce hadir sebagai penyedia layanan e-commerce enabler di Indonesia pada tahun 2011.
Apa itu e-commerce enabler? Sejatinya, e-commerce enabler adalah perusahaan yang membantu brand untuk mengembangkan kanal penjualan digital secara menyeluruh, mulai dari mengelola inventaris, membuat konten pemasaran, melayani pesanan pelanggan, hingga pengiriman produk dan pembuatan laporan penjualan yang komprehensif. Ragam solusi ini menjadi jawaban terhadap pain points yang kerap dihadapi oleh brand ketika mengelola toko online di e-commerce.
AHA Commerce mendampingi brand dengan memberikan pelayanan yang lengkap, dibantu dengan analisa big data untuk mencapai sukses bersama di e-commerce.
Stephen Lawrence, CEO AHA Commerce mengatakan, layanan komprehensif AHA Commerce mencakup segalanya mulai dari pengelolaan dan pemasaran toko online brand, layanan pelanggan, serta livestream selama 24 jam, tujuh hari seminggu.
“Misi kami adalah menulis kisah sukses yang bermakna dengan memajukan bisnis lokal. Karena itu, AHA Commerce berkomitmen untuk menjadi mitra e-commerce enabler terpercaya bagi brand yang ingin meningkatkan penjualan online-nya,” kata Stephen, Senin (17/7/2023).
Saat ini AHA Commerce telah berafiliasi dengan Alibaba Business School dan Shopee Seller Mentor sebagai pelatih dan mentor resmi. AHA Commerce telah menjalin kemitraan resmi dengan Lazada, Shopee, hingga Tiktok Shop.
AHA Commerce menjadi Lazada Partner Enabler pertama yang menerima Certificate of Excellence dengan peringkat 2 Stars. AHA Commerce menduduki peringkat teratas sebagai Top Performing Lazada Partner Q3-2020. Juga, menjadi satu-satunya e-commerce enabler Indonesia yang masuk dalam Top 5 Shopee Premium Enabler Q1 2022.
Perusahaan ini juga memiliki 12 rekan logistik dan mengelola lebih dari 90 toko online dari berbagai brand ternama, seperti Kalbe, JBL, Harman Kardon, dan Post-It. Melalui afiliasi sebagai Official Partner, klien AHA Commerce pun bisa menikmati keuntungan seperti mengikuti program Gratis Ongkir, Slot Ekstra Flash Sale, hingga Brand Day.
Ditambahkan Andre Chouw, Chief Relationship Officer AHA Commerce, AHA Commerce memiliki berbagai cerita sukses dalam meningkatkan penjualan dan pertumbuhan pendapatan brand di Lazada dan Shopee.
Melalui sistem analisa big data, sistem pemasaran robotik (AHAbot), implementasi yang konsisten dengan bantuan sistem ERP terintegrasi, dan tim ahli yang berpengalaman di platform online, mereka dapat mengoptimalkan penjualan produk, meningkatkan peringkat pencarian, dan menaikkan omzet hingga 17x lipat.
Tidak hanya itu, dari berbagai studi kasus yang pernah dikelola, Return on Investment (ROI) pun ikut meningkat dari 3,6X menjadi 8,4X, sehingga brand dapat menghemat biaya pemasaran hingga 9,5 juta per bulan. Untuk meningkatkan kepercayaan klien, AHA Commerce memiliki garansi uang kembali atas kinerja mereka dalam mengembangkan penjualan toko online.
“Kami percaya bahwa dunia e-commerce masih akan terus berkembang pesat dan dinamis dalam tahun-tahun mendatang. Untuk itu, AHA Commerce akan berupaya untuk memperluas layanan solusi e-commerce dan membantu lebih banyak brand untuk berkembang dan sukses menjangkau pasar Indonesia,” kata Andre.
STEVY WIDIA
Discussion about this post