Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

AI Buat Produktivitas Bukalapak Meningkat 5 Kali Lipat

29 Oktober 2017
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
100 Anggota Komunitas Bukalapak Hadir ETC Market 2017

Komunitas Bukalapak di wilayah Jakarta.(Foto: bukalapak/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Setelah mengadopsi sistem artificial intelligence alias kecerdasan buatan produktivitas Bukalapak meningkatkan. Bahkan divisi pelayanan pelanggan mengalami kenaikan hingga lima kali lipat.

Head of Customer Satisfaction Bukalapak, Arief Rakhman mengatakan sistem kecerdasan buatan membantu divisi layanan pelanggan lebih responsif. Sistem AI membuat staf Bukalapak dapat melayani lima kali lebih banyak pelanggan dibandingkan dengan sistem lama.

Selama dua bulan mengadopsi sistem automasi itu, kata Arief, tingkat kepuasan pelanggan berdasar indeks Net Promoter Score (NPS) meningkat tajam.

“Ketika cuma mengandalkan agen, mereka jadi harus mengetahui banyak hal, cakupannya luas. Sementara dengan kombinasi [agen dan AI] ini permasalahan yang ditangani oleh beberapa agen bisa lebih spesifik,” kata Arief baru-baru ini.

Baca juga :   Pengetahuan Keamanan Cyber Indonesia Mengkhawatirkan

Pengklasifikasian masalah dengan AI membuat staf manusia dapat memahami masalah yang dihadapi pelanggan dengan lebih detail sehingga mereka bisa memberikan solusi lebih cepat dari sebelumnya.

Permasalahan yang mendominasi fitur Bukabantuan ialah seputar verifikasi pembayaran dan info pengiriman. Menurut Arief, banyak pelanggan yang masih tidak acuh pada kode unik yang Bukalapak berikan saat membayar. Alhasil proses pengiriman barang menjadi terhambat.

Saat ini respons paling lambat staf pelayanan pelanggan di fitur Bukabantuan hanya 15 menit. Setelah 2—3 kali percakapan, agen harus dapat memberikan solusi bagi permasalahan pelanggan. Jika belum terpecahkan, percakapan baru dilanjutkan lewat hubungan telepon.
Saat musim promo, Bukalapak dapat melayani sekitar 1.000 percakapan dalam sehari. Namun, Arief menyebut, angka tersebut fluktuatif tergantung tren yang sedang berkembang.

“Otomasi ini juga memungkinkan satu agen membalas ke banyak orang selama masih satu kasus yang sama, seperti mem-blast pesan saja,” kata Arief.

Baca juga :   Pusat Berbelanja Berbasis AI Hadir di Indonesia

Meskipun sudah mengadopsi sistem kecerdasan buatan, Bukalapak tidak serta-merta memangkas jumlah karyawan. “Tidak semua hal bisa menggunakan sistem automasi. Permasalahan yang homogen bisa diselesaikan dengan itu. Tapi untuk kasus heterogen tetap perlu kehadiran CS ” kata Arief.

Bahkan Bukalapak membuka rekrutmen. Saat ini jumlah pelayan pelanggan Bukalapak mencapai 250 orang. Sejauh ini Arief menganggap pelayanan terbaik yang bisa diberikan ialah dengan memanusiakan pelanggan. Jadi tidak sepenuhnya dikerjakan oleh kecerdasan buatan.
“AI bisa saja memangkas karyawan, tapi bisa juga tidak, sebab ada sisi humanis yang tidak bisa digantikan oleh robot,” kata Arief.

Menurut dia, tren pelayanan mulai kembali ke arah konvensional, kata Arief, ketika pelanggan dilayani langsung oleh manusia bukan oleh sistem otomatis. Bukalapak juga tidak menggunakan sistem auto-reply karena dinilai tidak personal. Perusahaan marketplace ini memilih untuk mengkombinasikan antara jawaban template dan manual agar menunjang performa.

Baca juga :   TikTok Dorong Minat Baca Lewat Tagar #SerunyaMembaca

 

STEVY WIDIA

Tags: Artificial Intelligence (AI)Bukalapakpelayanan pelangganproduktivitas
Previous Post

Wahana The Hunger Games Dibuka di Dubai

Next Post

Engagement Tenaga Kerja Milenial Indonesia Hanya 25%

Related Posts

Keterampilan Pengelola Data AI Jadi Talenta Primadona di Berbagai Industri
Headline

Keterampilan Pengelola Data AI Jadi Talenta Primadona di Berbagai Industri

25 September 2025
0
Morinaga Kembangkan Teknologi AI Yang Dapat Proyeksi Potensi Anak di Masa Depan
News

Morinaga Kembangkan Teknologi AI Yang Dapat Proyeksi Potensi Anak di Masa Depan

28 Juli 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
News

Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis

2 Juli 2025
0
Load More
Next Post
tenaga kerja

Engagement Tenaga Kerja Milenial Indonesia Hanya 25%

Komang Budi Aryasa : Telkom Terus Merangkul para Pengembang Lokal untuk Melahirkan Berbagai Layanan IoT

Komang Budi Aryasa : Telkom Terus Merangkul para Pengembang Lokal untuk Melahirkan Berbagai Layanan IoT

Pucuk Cool Jam, Wadahi Kreativitas Musik Anak SMA

Pucuk Cool Jam, Wadahi Kreativitas Musik Anak SMA

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version