youngster.id - Mengusung tema “Convergence” yang merepresentasikan saat teknologi dan kreativitas hidup berdampingan, BrightspotMRKT kembali akan menggelar festival industri kreatif secara hybrid.
Acara ini akan menyatukan pelaku industri kreatif secara online di Brightspot Virtual City sejak tanggal 12 Desember 2021 – 30 Januari 2022, dan secara offline pada 26 – 30 Januari 2022 di Senayan Park Jakarta.
“Di masa penuh tantangan seperti ini, kita perlu mendobrak batasan dan menciptakan terobosan baru agar bisa mengembalikan gairah industri kreatif Indonesia, bahkan mengakselerasi pertumbuhan yang belakangan ini sempat stagnan. Oleh karena itu, BrightspotMRKT mengusung tema ‘Convergence’ karena kami percaya bahwa masa depan akan menjadi konvergensi virtual dan nyata, dunia dimana teknologi dan kreativitas manusia akan hidup berdampingan serta mendorong budaya dan pertumbuhan industri kreatif,” jelas Anton Wirjono selaku Co-founder BrightspotMRKT, dalam keterangan pers, Sabtu (11/12/2021).
Sesuai dengan misi untuk selalu menghadirkan festival terkurasi yang memberikan pengalaman terbaik dan terlengkap, tahun ini BrightspotMRKT bekerjasama dengan Traveloka Paylater, Superlive, Bintang Crystal, Zipmex, dan Hypefast, untuk menunjukkan konsistensinya bergerak bersama local brands dan creators untuk bangkit dari pandemi.
Diklaim Anton, kehadiran BrightspotMRKT memberikan dampak positif bagi pertumbuhan industri kreatif Indonesia. Selama penyelenggaraannya di dua tahun terakhir, BrightspotMRKT berhasil mencapai total penjualan hingga hampir Rp 5 miliar dari berbagai tenant local brands. Tidak hanya itu, BrightspotMRKT juga selalu berhasil mendapatkan antusiasme tinggi dari kaum urban Indonesia. Terlihat dari pelaksanaan terakhir secara offline di 2019 yang mencatat 79 ribu pengunjung, serta ketika Brightspot Virtual City perdana digelar di tahun 2020 juga berhasil mendapatkan lebih dari 70 ribu pengunjung online.
Di tahun yang ke 12 ini, BrightspotMRKT telah menyiapkan beragam rangkaian acara menarik secara virtual dan offline dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan dan keamanan ketat. Salah satu yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, adalah kehadiran NFT Gallery, dimana pengunjung dapat melihat sekaligus membeli berbagai koleksi NFT dari para local brands, hingga karya kolaboratif para seniman dan komunitas kolektif.
Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai penawaran dan keseruan menarik yang tersebar di 5 area, seperti Shopping District (Fashion, Home, Hobbies), Entertainment District (Music Performance, Night Club), Food District, Arts District (NFT Gallery, Commissioned Digital Art, NFT Project), serta Brightspot Conference yang akan menghadirkan Inspiring Talks & Workshop.
“Kami berharap BrightspotMRKT 2021 menjadi metaverse baru yang memberi dampak lebih besar lagi bagi pertumbuhan industri ekonomi kreatif di Indonesia, serta menjadi referensi utama bagi masyarakat urban yang menginginkan pengalaman event yang berbeda, imersif, dan terkurasi,” tutup Anton.
FAHRUL ANWAR