Akulaku Kolaborasi Dengan Mekar Salurkan Pembiayaan Produktif Bagi UMKM

Akulaku x Mekar

Tim Akulaku Finance Indonesia dan PT Mekar Investama Sampoerna. (Foto: istimewa)

youngster.id - Perusahaan pembiayaan berbasis digital PT Akulaku Finance Indonesia bekerjasama dengan PT Mekar Investama Sampoerna menyalurkan fasilitas pendanaan dengan skema channeling. Komitmen pendanaan tersebut ditujukan untuk penyaluran pembiayaan produktif bagi UMKM binaan koperasi seluruh Indonesia yang bermitra dengan Mekar.

Presiden Direktur Akulaku Finance Indonesia Efrinal Sinaga mengungkapkan, kolaborasi tersebut sekaligus menegaskan komitmen perusahaan dalam menggulirkan penyaluran pembiayaan ke segmen produktif.

“Kolaborasi ini bukan sebatas bertujuan untuk memperluas portofolio pembiayaan Akulaku Finance ke sektor produktif. Namun juga membantu memberikan kontribusi signifikan bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui pemberdayaan bisnis mikro,” ucap Efrinal dalam keterangannya, Senin (19/12/2022).

Sementara itu, Mekar telah menyalurkan pembiayaan produktif senilai Rp600 miliar hingga November 2022. Mekar telah bermitra dengan dengan sebanyak 38 koperasi di berbagai wilayah di Indonesia.

Direktur Utama Mekar Ceppy Yana Mulyana mengungkapkan bahwa kolaborasi strategis Mekar dengan Akulaku Finance Indonesia memungkinkan perusahaan untuk dapat meningkatkan penetrasi penyaluran pembiayaan UMKM mitra koperasi di berbagai daerah.

“Mekar sangat menyambut baik kolaborasi bersama Akulaku Finance Indonesia. Sejalan dengan misi Mekar, kolaborasi ini akan meningkatkan akses finansial bagi pelaku UMKM dan menghasilkan manfaat sosial bagi masyarakat” ujarnya.

PT Akulaku Finance Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan berbasis digital dibawah Akulaku Group yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Perusahaan merupakan pengendali atas solusi layanan buy now pay later Akulaku PayLater yang tersedia sebagai metode pembayaran di berbagai platform e-commerce teratas di Indonesia.

Solusi yang dihadirkan oleh Akulaku Finance Indonesia secara konsisten membuka akses layanan keuangan digital kepada segmen konsumen yang memiliki keterbatasan riwayat kredit dan sebelumnya kurang terlayani oleh layanan keuangan formal.

Sedangkan, Mekar (PT Mekar Investama Sampoerna) merupakan sebuah perusahaan teknologi finansial peer-to-peer lending yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Perusahaan tersebut menghubungkan lender dengan koperasi yang terhubung dengan bisnis mikro yang membutuhkan pembiayaan modal usaha.

Mekar telah menyalurkan pembiayaan produktif senilai Rp600 miliar hingga November 2022. Mekar telah bermitra dengan dengan sebanyak 38 koperasi di berbagai wilayah di Indonesia.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version