youngster.id - Perusahaan Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) ALTO Network mengumumkan capaian signifikan dalam sistem pembayaran digital nasional. Memasuki kuartal ketiga tahun 2025, ALTO mencatat pertumbuhan transaksi QRIS sebesar 357% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (Q2 2025 vs Q2 2024).
Pertumbuhan pesat ini juga diikuti oleh peningkatan Gross Transaction Volume (GTV) sebesar 317%, dengan rata-rata transaksi harian mencapai 16 juta. Capaian ini memperkuat posisi ALTO sebagai pendorong utama pertumbuhan sistem pembayaran digital dan pemimpin pasar QRIS di Indonesia.
Capaian ALTO ini sejalan dengan tren nasional, di mana volume transaksi QRIS Indonesia pada Triwulan II 2025 mencapai 3,43 miliar transaksi, meningkat 31,01% dari triwulan sebelumnya.
Untuk mempercepat inklusi keuangan dan konektivitas regional, ALTO memperluas jaringan kemitraannya sepanjang Juli hingga September 2025 melalui penandatanganan kerja sama strategis dengan tiga mitra utama:
- Qoin Digital Indonesia: Kemitraan ini bertujuan memperkuat layanan QRIS Merchant Presented Mode (MPM). Qoin akan memanfaatkan infrastruktur ALTO untuk memperluas akses merchant, mendukung inklusi keuangan, terutama bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK).
- KB Bank Korea: Kerja sama ini menandai langkah strategis ALTO dalam memperluas konektivitas pembayaran lintas negara, membuka peluang inovasi keuangan digital di kawasan Asia.
- Bank ICBC Indonesia: Dengan bergabungnya ICBC Indonesia sebagai Switching Member, ALTO memperluas interoperabilitas sistem pembayaran antar bank dan memperkuat ekosistem QRIS di dalam negeri.
Gretel Griselda, CEO PT ALTO Network, menyatakan bahwa kolaborasi ini mencerminkan komitmen ALTO dalam memperkuat ekosistem pembayaran yang aman, terintegrasi, dan berkelanjutan, sejalan dengan visi perusahaan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital nasional.
“Berbagai kerja sama yang terjalin sepanjang kuartal ini mencerminkan komitmen ALTO Network dalam memperkuat fondasi ekosistem pembayaran digital di Indonesia,” ucap Gretel, dikutip Sabtu (25/10/2025).
Selain QRIS, ALTO juga menunjukkan kinerja solid di lini bisnis lainnya. Hingga kuartal ketiga 2025: ALTO memproses lebih dari 6,5 miliar transaksi per tahun. Di sektor Card Management System (CMS), lebih dari 50% digital bank di Indonesia mempercayakan pengelolaan kartu mereka kepada ALTO, dengan peningkatan transaksi di lini ini mencapai 29 kali lipat dalam setahun terakhir.
“Ke depan, ALTO akan terus berinovasi untuk mempercepat transformasi digital dan memastikan layanan pembayaran yang semakin adaptif terhadap kebutuhan masyarakat,” tutup Gretel.
STEVY WIDIA



















Discussion about this post