Minggu, 16 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

ALTO Network Catatkan Pertumbuhan 332% Transaksi QRIS

23 Mei 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
ALTO Network

Gretel Griselda, CEO ALTO Network (Foto: Istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Perusahaan switching dan Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) ALTO Network mencatat pertumbuhan transaksi QRIS sebesar 332%, disertai Gross Transaction Volume (GTV) sebesar 290%. Saat ini, ALTO menangani lebih dari 10 juta transaksi QRIS MPM setiap bulan, yang mencerminkan akselerasi adopsi dan pertumbuhan volume transaksi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut data terbaru dari Bank Indonesia, transaksi digital melalui QRIS terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Pada Kuartal I 2025, volume transaksi QRIS mencapai 2,6 miliar kali, dengan jumlah pengguna aktif sebesar 56,3 juta. Secara tahunan (year-on-year), volume transaksi QRIS tercatat tumbuh sebesar 154,86% pada April 2025.

Gretel Griselda, CEO ALTO Network mengatakan, pertumbuhan positif ini, menegaskan pentingnya kolaborasi strategis antara pelaku industri, penyedia infrastruktur, dan regulator dalam menciptakan sistem pembayaran nasional yang inklusif, aman, efisien, serta mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga :   Mengukur Popularitas iPhone 8 dan X Pada Konsumen Indonesia

Untuk memperkuat perannya dalam mendukung sistem pembayaran nasional dengan memperluas kolaborasi strategis implementasi QRIS Merchant Presented Mode (MPM), ALTO menjalin kerja sama dengan dua aggregator utama, Xendit dan Finnet. Kerja sama ini bertujuan mendorong adopsi QRIS MPM secara luas dengan mengedepankan kredibilitas mitra, teknologi, dan visi bersama untuk membangun sistem pembayaran yang inklusif dan efisien. Inisiatif ini turut mendukung target Bank Indonesia mencapai 58 juta pengguna QRIS pada akhir 2025.

“Kolaborasi ini merupakan bentuk nyata komitmen ALTO dalam mendorong percepatan digitalisasi sistem pembayaran nasional. Dengan menggandeng mitra strategis seperti Xendit dan Finnet, kami berupaya memperluas jangkauan layanan QRIS MPM agar semakin mudah diakses oleh merchant di seluruh Indonesia. Kami meyakini bahwa kolaborasi yang solid menjadi kunci dalam membangun ekosistem pembayaran yang kompetitif, inklusif, dan berkelanjutan,” kata Gretel, Jum’at (23/5/2025).

Baca juga :   Fox Logger, Startup Penyedia Tracking Sistem Siap IPO di BEI

Dalam kemitraannya dengan Xendit, yang dikenal sebagai penyedia infrastruktur pembayaran dengan basis pengguna kuat di sektor startup, UMKM, dan e-commerce, menghadirkan keunggulan integrasi API yang fleksibel juga selaras dengan kebutuhan ekosistem QRIS MPM yang dikembangkan oleh ALTO.

“Kolaborasi dengan ALTO merupakan langkah strategis bagi Xendit dalam memperluas akses pembayaran digital dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia secara berkelanjutan,” kata Mikiko Steven, Managing Director Xendit Indonesia.

Sementara itu, Finnet anak perusahaan Telkom Indonesia dengan pengalaman panjang dalam pengelolaan sistem pembayaran nasional, memungkinkan perluasan adopsi QRIS MPM, menjadikan kolaborasi ini sebagai langkah penting dalam membangun sistem pembayaran digital yang merata dan berkelanjutan di seluruh Indonesia.

“Finnet memiliki komitmen kuat untuk mendukung akselerasi digitalisasi sistem pembayaran nasional. Kolaborasi dengan ALTO dalam implementasi QRIS MPM menjadi langkah nyata kami dalam memperluas akses layanan pembayaran digital yang aman, efisien, dan inklusif hingga ke berbagai sektor, termasuk institusional dan regional,” ujar Aziz Sidqi Direktur Business & Marketing Finnet.

Baca juga :   Penghasilan 86% Pekerja Independen Berkurang Selama Pandemi Covid-19

Sebagai bagian dari komitmennya dalam memperkuat ekosistem pembayaran digital di Indonesia, ALTO juga terus meningkatkan sistem keamanan melalui penerapan ALTO Fraud Detection System (FDS), sebuah teknologi deteksi penipuan berbasis AI yang dirancang untuk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap aktivitas mencurigakan dalam transaksi digital. Melalui peningkatan teknologi ini serta kolaborasi strategis yang terus dikembangkan, ALTO berharap dapat memperluas inklusi keuangan sekaligus membangun kepercayaan masyarakat terhadap layanan keuangan digital.

“Kami percaya bahwa inovasi dan kolaborasi adalah kunci untuk menciptakan sistem pembayaran yang aman, inklusif, dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Gretel.

 

STEVY WIDIA

Tags: ALTO NetworkFinnetQRIS Merchant Presented Mode (MPM)Xendit
Previous Post

ANGIN Berikan Pendanaan Kepada Collabit dan Arconesia

Next Post

Bank Raya Bukukan Laba Rp16,92 Miliar di Kuartal I 2025

Related Posts

Xendit Founders
Headline

Startup Unicorn Indonesia Xendit Ekspansi ke Amerika Latin

7 November 2025
0
ALTO Network
Headline

ALTO Catat Pertumbuhan 357%, Perkuat Kepemimpinan Pasar QRIS

25 Oktober 2025
0
Xendit Founders
Headline

Akuisisi Startup Payex, Xendit Ekspansi dan Bangun Kemitraan Baru di Malaysia

17 Oktober 2025
0
Load More
Next Post
Bank Raya

Bank Raya Bukukan Laba Rp16,92 Miliar di Kuartal I 2025

ITSEC Asia

Pendapatan ITSEC Asia Naik 176% pada Kuartal I Tahun 2025

program akselerator

Dukung Pengembangan Inovasi AI oleh Startup, Google Cloud dan Komdigi Gelar Program Akselerator

Discussion about this post

Recent Updates

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

15 November 2025
Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

15 November 2025
Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

15 November 2025
Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

15 November 2025
Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version