Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Anak Muda Lebih Sering Mengumbar Privasi di Media Sosial

4 Juni 2017
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Anak Muda Lebih Sering Mengumbar Privasi di Media Sosial

Serangan dunia maya mengintai. (Foto: Ilustrasi/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Hasil penelitian dari Kaspersky Lab mengungkapkan betapa banyaknya data-data pribadi yang dibagikan pengguna internet di ranah publik (media sosial). Menariknya, dibandingkan orang dewasa, anak muda lebih sering mengumbar privasi di media sosial.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mayoritas pengguna (93%) berbagi informasi secara digital, dengan 70% berbagi foto serta video anak-anak mereka dan 45% berbagi video serta foto-foto pribadi yang sensitif kepada orang lain. Kebiasaan ini bahkan lebih buruk lagi terutama di kalangan anak muda, dimana sejumlah besar informasi pribadi milik mereka dapat dengan mudah diakses oleh orang asing.

Yang mengkhawatirkan, hampir setengah (44%) pengguna internet menjadikan data milik mereka dapat diakses publik, tetapi begitu data masuk ke ranah publik, maka data tersebut dapat dibagikan secara luas bahkan melampaui kendali pemiliknya.

Baca juga :   Perbankan Sulit Kenali Nasabah Online Banking

Satu dari lima pengguna internet mengakui bahwa mereka berbagi data-data sensitif dengan orang yang tidak mereka kenal baik, dan dengan orang asing, sehingga membatasi kemampuan mereka dalam mengendalikan bagaimana data sensitif mereka digunakan. Hal ini berarti, pengguna mengekspos diri mereka kepada pencurian identitas atau serangan finansial dengan membagikan rincian keuangan dan pembayaran (37%), pemindaian paspor, surat ijin mengemudi dan dokumen pribadi lainnya (41%) atau kata sandi (30%).

Temuan ini merupakan bagian dari laporan Kaspersky Lab “My Precious Data: Stranger Danger” yang mengulas kebiasaan berbagi data para pengguna internet. Penelitian tersebut menemukan bahwa pengguna internet tidak hanya berbagi data, mereka juga berbagi perangkat untuk menyimpan data-data berharga milik mereka.

Baca juga :   Kini, Fluktuasi Harga Bitcoin Mulai Stabil

Sebenarnya, satu dari sepuluh (10%) pengguna bahkan membagikan PIN untuk mengakses perangkat mereka dengan orang asing dan satu dari lima (22%) pengguna membiarkan perangkat mereka tidak terkunci dan tidak diawasi ketika berada di tengah sekelompok orang. Selanjutnya, hampir seperempat (23%) pengguna memberikan perangkat mereka kepada orang lain untuk digunakan selama beberapa waktu.

“Berbagi data pribadi dengan orang lain dan perusahaan merupakan kebiasaan yang sangat berbahaya jika terus dibiarkan,” kata Andrei Mochola, Head of Consumer Business di Kaspersky Lab.

Penelitian ini menunjukkan bahwa anak muda yang paling mungkin untuk berbagi foto pribadi dan sensitif tentang diri mereka dengan orang lain – 61% dari mereka yang berusia 16-24 mengakui bentuk berbagi tipe ini, dibandingkan hanya 38% dari usia di atas 55 tahun. Pola ini juga meluas ke rincian keuangan, dengan dua dari lima anak muda berbagi rincian keuangan dan pembayaran mereka (42% berusia 16-24 tahun) dengan orang lain, dibandingkan dengan hanya 27% dari 55 + tahun.

Baca juga :   Inilah Konten Yang Sering Ditelusuri Anak-anak Di Seluruh Dunia Saat Online

“Meskipun benar-benar tidak realistis untuk mengharapkan pengguna internet berhenti berbagi foto, informasi pribadi dan informasi lainnya satu sama lain, kami mendorong pengguna untuk berpikir dua kali sebelum mereka berbagi informasi penting secara terbuka untuk umum. Kami juga mendorong semua pengguna Internet untuk menerapkan langkah-langkah keamanan untuk melindungi data mereka, dan privasi mereka, jika perangkat atau data mereka jatuh ke tangan yang salah,” lanjut Mochola.

 

FAHRUL ANWAR

Tags: Kaspersky Labmedia sosial“My Precious Data: Stranger Danger”
Previous Post

Startup Ini Jadi Marketplace Bisnis Bawang Merah

Next Post

Telkom Indonesia Kembali Raih Grand Stevie Award sebagai Organization of the Year 2017

Related Posts

#IndonesiaGelap Capai 13 Juta Engagement di X, 81% Komentar Bersentimen Negatif
News

#IndonesiaGelap Capai 13 Juta Engagement di X, 81% Komentar Bersentimen Negatif

21 Maret 2025
0
keamanan siber
News

Ketergantungan Pada Platform Media Sosial Tingkatkan Ancaman Deepfake Phishing

29 Juni 2024
0
Gaet Pengguna Muda, AXIS Hadirkan Paket Internet Berdasarkan Waktu Penggunaan
News

Gaet Pengguna Muda, AXIS Hadirkan Paket Internet Berdasarkan Waktu Penggunaan

2 November 2023
0
Load More
Next Post
Telkom Indonesia Kembali Raih Grand Stevie Award sebagai Organization of the Year 2017

Telkom Indonesia Kembali Raih Grand Stevie Award sebagai Organization of the Year 2017

Perkembangan Fintech di Indonesia Belum Memadai

Perkembangan Fintech di Indonesia Belum Memadai

Midea Rilis Film Kedua Untuk Generasi Muda Upgrader: “The Newcomer”

Midea Rilis Film Kedua Untuk Generasi Muda Upgrader: “The Newcomer”

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version