youngster.id - Tradisi mudik di Hari Raya Idulfitri memunculkan kebutuhan masyarakat akan transportasi first mile dan last mile untuk menjangkau area-area transportasi publik seperti bandara, stasiun atau pun terminal bus. Untuk antisipasi kebutuhan itu, penyedia layanan on-demand services Gojek menghadirkan ragam layanan dan penawaran khusus yang menunjang kebutuhan mobilitas masyarakat di momen libur Hari Raya Idulfitri.
Head of Transportation and Logistic Gojek Steven Halim mengatakan, data internal Gojek tahun 2023 lalu yang menunjukkan terjadinya peningkatan perjalanan yang sangat signifikan pada periode jelang Hari Raya Idulfitri menuju tempat keberangkatan mudik seperti bandara, stasiun kereta api dan terminal bus.
Data tersebut juga menunjukkan puncak perjalanan menuju tempat keberangkatan mudik terjadi pada H-4 dan H-3 dari Hari Raya Idulfitri. Sedangkan pada momen arus balik mudik, tren peningkatan penggunaan GoCar terjadi pada H+4 dan H+5.
“Tren tersebut diprediksi akan berulang tahun ini mengingat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memperkirakan potensi pergerakan masyarakat Indonesia selama Hari Raya Idulfitri 2024 mencapai 193,6 juta orang. Jumlah tersebut meningkat dibanding mudik tahun lalu, dengan kereta api dan bus diperkirakan menjadi moda paling banyak digunakan,” ungkap Steven yang dikutip, Rabu (3/4/2024).
Untuk menjawab kebutuhan mobilitas selama periode mudik dan libur Hari Raya Idulfitri 2024 tersebut, Gojek memiliki beberapa rekomendasi dan penawaran. Pertama, bepergian bersama keluarga hingga 6 orang menggunakan layanan GoCar XL. Kemudian, bepergian dengan armada kendaraan yang lebih baru dan nyaman menggunakan GoCar Comfort.
Selain itu lu, penawaran untuk bepergian dengan armada yang ekonomis, mulai dari Rp7ribu menggunakan layanan GoCar Hemat. Bahkan ada diskon GoCar senilai total Rp200 ribu untuk perjalanan pergi menuju dan dari seluruh bandara di Indonesia dengan kode GOBANDARA, dan berlaku dari 25 Maret – 30 April 2024.
Selain itu, Gojek berkolaborasi dengan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) untuk menghadirkan fasilitas titik jemput, ruang tunggu serta program promosi eksklusif untuk pengguna. Menurut Steven, Gojek menawarkan diskon perjalanan GoCar hingga 95% khusus perjalanan dari dan menuju stasiun Whoosh, dengan memasukkan kode GOWHOOSH di halaman promo pada aplikasi Gojek.
“Di luar program promosi, kami juga berkomitmen menghadirkan layanan terdepan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna kami yang pergi menggunakan Whoosh. Sama halnya dengan dukungan kami terhadap moda transportasi lain, saat ini di aplikasi Gojek telah terdapat titik jemput dan titik drop-off yang bisa dipilih pengguna saat akan mengakses perjalanan dari dan menuju seluruh stasiun Whoosh. Khusus di Stasiun Whoosh Halim, kami juga telah mengoperasikan customer lounge khusus bagi pelanggan setia GoCar,” jelasnya.
Sementara itu, Direktur Manajemen Proyek dan Pengembangan Bisnis PT Kereta Cepat Indonesia China, Allan Tandiono mengatakan, sejak 2023 Whoosh telah capai 2 juta penumpang. Untuk itu, integrasi antar moda untuk meningkatkan aksesibilitas dan memberikan kemudahan masyarakat dari dan menuju Stasiun Whoosh menjadi prioritas.
“Hadirnya titik jemput maupun lounge penumpang GoCar diharapkan menjadi fasilitas penunjang yang dapat memberikan kenyamanan untuk masyarakat yang beraktifitas di stasiun Whoosh Halim, khususnya saat akan menggunakan moda lanjutan GoCar setelah menggunakan layanan Kereta Cepat Whoosh,” katanya.
Saat ini, Gojek memiliki lebih dari 2,7 juta mitra driver.
STEVY WIDIA
Discussion about this post