youngster.id - UMKM berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia, dan bisa disebut sebagai pahlawan yang menggerakkan perekonomian negara. Untuk mendorong pertumbuhan bisnis bagi pelaku usaha lokal di era digital, Tokopedia dan ShopTokopedia terus mendukung pelaku usaha di Indonesia dari berbagai skala bisnis untuk dapat menjangkau pasar lebih luas.
Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, mengatakan demi mendorong UMKM lokal dapat berjaya di negeri sendiri hingga mampu berkontribusi terhadap perekonomian nasional lewat pemanfaatan teknologi, Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya dengan menghadirkan berbagai kampanye dan fitur, termasuk melalui live streaming, yang tersedia pada platform ShopTokopedia di aplikasi TikTok.
“Melihat tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap live streaming, maka semakin besar pula peluang yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha lokal, termasuk UMKM, sekaligus menjadi pahlawan yang menggerakkan perekonomian negara,” kata Aditia dalam webinar Peringatan Hari Pahlawan 2024 yang bertema ‘Teladani Pahlawanmu Cintai Negerimu,’ Jumat (8/11/2024).
Aditia mengungkapkan, fitur live streaming Tokopedia dan ShopTokopedia permudah pelaku usaha tingkatkan penjualan lewat pemasaran digital. Bahkan menurut riset ‘Indonesia E-commerce Trends 2023’ yang berfokus pada tren konsumen pada semester II 2023, sebanyak 87% responden mengaku pernah menonton live streaming dan 77% dari responden melakukan transaksi via fitur live streaming.
“Melihat tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap live streaming, maka semakin besar pula peluang yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha lokal, termasuk UMKM, sekaligus menjadi pahlawan yang menggerakkan perekonomian negara,” ujar Aditia.
Menurut Aditia, terjadinya pertumbuhan jumlah penjual dan transaksi belanja online, turut didukung pula oleh fitur live streaming di ShopTokopedia. Buktinya, sebanyak 60% konten promosi di TikTok dukung produk lokal di ShopTokopedia. Bahkan, pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping.
“Selama kuartal III 2024, lima kategori terlaris saat live streaming, yaitu Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fesyen Perempuan, Muslim Fashion, Fesyen Pria, serta HP dan Elektronik.”
Selain dapat memberikan pengalaman belanja yang lebih interaktif dan menghibur bagi pelanggan lewat ShopTokopedia, fitur live streaming dapat dimanfaatkan menjadi salah satu strategi pemasaran oleh penjual dari berbagai kategori, mulai dari Kecantikan, Fashion, Olahraga, Makanan dan Minuman, Elektronik dan masih banyak lagi.
Selain itu data internal Tokopedia selama kuartal III 2024 dibandingkan dengan kuartal III 2023 menunjukkan, Sumatra Selatan, Jambi, Lampung, Jawa Tengah dan Banten, menjadi lima daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah pelaku usaha, dengan kenaikan rata-rata lebih dari 1,5 kali lipat.
“Kami juga memiliki temuan menarik, menurut data internal ShopTokopedia, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Bengkulu, Maluku dan Papua menjadi lima daerah dengan kenaikan jumlah transaksi tertinggi sepanjang kuartal III 2024 dibandingkan kuartal III 2023,” pungkas Aditia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post