Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Apa Saja Perilaku Konsumen Selama Ramadhan ?

24 Mei 2017
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Apa Saja Perilaku Konsumen Selama Ramadhan ?

Henky Prihatna, Head of E-Commerce Google Indonesia dalam acara e-Commerce Insight 2017, Selasa (23/5/2017) di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Ramadan menjadi bulan yang istimewa bagi masyarkat Indonesia. Untuk itu Google telah melakukan riset dan merilis data-data baru terkait perilaku konsumen Indonesia selama Ramadan.

“Selama Ramadan, masyarakat Indonesia memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan berbagai hal, termasuk berbelanja. Agar bisa memaksimalkan momen dengan baik selama Ramadan, pemilik bisnis harus mampu merencanakan dan membuat kampanye yang menampilkan bagaimana produk atau layanan mereka dapat membantu konsumen selama Ramadan,” papar Henky Prihatna, Head of E-Commerce Google Indonesia dalam acara e-Commerce Insight 2017, Selasa (23/5/2017) di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta.

Dia mengungkapkan, Google telah melakukan riset tentang aktivitas pengguna YouTube dan Google selama Ramadan tahun lalu. Survei ini dirasa perlu dilakukan guna mencari tahu hal-hal yang dicari oleh konsumen di internet sepanjang bulan Ramadan. Selain itu, implikasi seperti apa yang bisa diterapkan bagi para pelaku pemasaran pada 2017.

Baca juga :   Melalui Single “Money Honey #CountMEin”, Dipha Barus & Monica Karina Raih 2 Penghargaan di AMI 2018

Menurut Henky dari hasil riset itu didapati, akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan ponsel selama Ramadan tahun ini, baik untuk mencari resep berbuka atau menemukan ide kado lebaran untuk keluarga.

“Bahkan, orang-orang yang biasanya tidak berbelanja online, akan membeli sesuatu dari internet selama bulan Ramadan. Bagi para pengiklan, tentunya momen ini sangat penting. Perusahaan juga harus memastikan brand mereka unggul selama periode ini,” ujarnya.

Head of E-Commerce Google Indonesia itu menjelaskan, berdasarkan perilaku konsumen pada tahun 2016, Google meyakini bahwa selama bulan Ramadan 2017, masyarakat Indonesia akan memanfaatkan internet untuk membantu mendapatkan inspirasi, berbelanja produk terbaru, mencari kartu kredit untuk membayar berbagai hal, mencari promo dan diskon, dan merencanakan perjalanan sejak awal.Peningkatan penelusuran sebesar 28% pada 2016 dibandingkan 2015.

Pada 2016, penelusuran yang berkaitan dengan pakaian melonjak 2,8 kali lipat, alat-alat rumah tangga meningkat 2 kali lipat, dan promosi telepon seluler sebesar 1,8 kali lipat. Kemudian, saat Ramadan, pengeluaran bisa jadi akan membengkak, dan beberapa orang tidak dapat membayar dengan uang tunai. Pada 2016, penelusuran terkait pembayaran lewat cicilan meningkat sebesar 1,6 kali lipat, sementara promo kartu kredit meningkat 1,2 kali lipat.

Baca juga :   Peluncuran Produk Google Mengacu Pada Indonesia

Selain itu, penelusuran yang berkaitan dengan promosi dan diskon memuncak saat Ramadan, misalnya, penelusuran smartphone mencapai puncaknya pada pekan pemberian THR, dengan peningkatan kata kunci tentang harga dan promosi sebesar 40%.

Mudik juga menjadi hal yang identik menjelang Idulfitri. Berdasarkan tren Penelusuran, pemudik di Indonesia merencanakan perjalanan mudik dengan kereta sekitar 3 bulan sebelum Ramadan, sementara bus dan penerbangan domestik dimulai sekitar 2 bulan sebelumnya.

“Selama Ramadan, masyarakat Indonesia memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan berbagai hal, termasuk berbelanja. Agar bisa memaksimalkan momen dengan baik selama Ramadan, pemilik bisnis harus mampu merencanakan dan membuat campaign yang menampilkan bagaimana produk atau layanan mereka dapat membantu konsumen selama Ramadan,” ungkap Henky.

Baca juga :   Dukung Bisnis UKM, Astragraphia Rilis Mesin Copy dan Cetak Multifungsi

STEVY WIDIA

Tags: e-Commerce Insight 2017Google IndonesiaHead of E-Commerce Google IndonesiaHenky Prihatnaperilaku konsumen
Previous Post

LINE Hadirkan Ragam Fitur Menarik Selama Ramadhan

Next Post

Strategi Promosi Blibli.com dan Blanja.com Jelang Ramadhan

Related Posts

affiliate marketing
Analyze

Kepercayaan Konsumen di Asia Tenggara Terhadap Influencer Menurun

18 Juli 2025
0
Proyeksi Ramadan 2025: 69% Masyarakat Memilih Berbelanja Offiline, Tunai Jadi Metode Pembayaran Utama
News

Proyeksi Ramadan 2025: 69% Masyarakat Memilih Berbelanja Offiline, Tunai Jadi Metode Pembayaran Utama

17 Februari 2025
0
ekonomi digital
Headline

Ekonomi Digital Indonesia Tumbuh Dua Digit di 2024, E-Commerce Penyumbang Terbesar

13 November 2024
0
Load More
Next Post
Strategi Promosi Blibli.com dan Blanja.com Jelang Ramadhan

Strategi Promosi Blibli.com dan Blanja.com Jelang Ramadhan

Pengusaha Pemula Harus Berbasis Teknologi Inovasi

Pengusaha Pemula Harus Berbasis Teknologi Inovasi

BNVLabs, Program Inisiasi Startup Berbasis Fintech

Kominfo Siapkan Aplikasi Mudik Lebaran

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version