Astra Terjun ke Bisnis Pembayaran Digital, Layani Angsuran Hingga Transportasi

AstraPay

AstraPay adalah sarana pembayaran digital Grup Astra. (Foto: istimewa)

youngster.id - Para era digitalisasi ini banyak teknologi yang berkembang untuk mempermudah kehidupan. Salah satu teknologi tersebut bisa di aplikasi menjadi aplikasi pembayaran online. Berdasarkan data Bank Indonesia, transaksi pembayaran digital meningkat dari Rp145 triliun pada 2019 menjadi Rp205 triliun pada 2020.

Hal ini mendorong Grup Astra melalui PT Astra Digital Arta meluncurkan AstraPay. Ini adalah aplikasi pembayaran digital yang tumbuh dalam ekosistem Astra, yang berbeda dengan pemain pembayaran digital lainnya.

“Sesuai dengan tujuan awal, AstraPay adalah aplikasi pembayaran digital milik Grup Astra yang memberikan kemudahan terhadap pengguna melakukan pembayaran digital,” ujar Meliza Musa Rusli, CEO AstraPay dalam keterangan pers, Senin (20/9/2021).

AstraPay memiliki fitur direct payment untuk produk pembayaran angsuran dari layanan Grup Astra. Saat ini AstraPay telah bekerja sama dengan FIFGROUP, Toyota Astra Finance (TAF), Astra Credit Companies (ACC), hingga Maucash. AstraPay juga terintegrasi dengan sistem pembayaran moda transportasi umum, seperti MRT Jakarta dan Transjakarta. Kemudian AstraPay juga dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik, PDAM, TV kabel, BPJS, pajak, hingga beli pulsa atau paket data.

Pembayaran digital ini juga memiliki fitur pembayaran QRIS. Melalui fitur ini, pengguna dapat melakukan pembayaran servis kendaraan di Toyota Sales Operation/TSO, Shop&Drive, Isuzu Sales Operation/ISO, Daihatsu Sales Operation/DSO, dan AHASS. Bahkan di luar ekosistem Astra, pengguna dapat melakukan transaksi berbagai produk dan keperluan secara mobile, yang mana sekitar 9 juta merchant di seluruh Indonesia menerima pembayaran melalui QRIS.

Suparno Djasmin, Director-In-Charge Astra Financial, Transportation, dan Logistic, menjelaskan AstraPay berkomitmen mendukung transaksi pembayaran digital di dalam ekosistem Astra dan di luar ekosistem agar transaksi digital berjalan seamless, aman, dan terintegrasi. Komitmen ini sebagai bentuk dukungan Astra terhadap program Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) yang dijalankan Bank Indonesia.

“AstraPay hadir melengkapi pilihan di industri pembayaran digital sebagai mitra terpercaya yang solutif terhadap kebutuhan masyarakat Indonesia. Kami meyakini kehadiran AstraPay dapat meningkatkan kenyamanan konsumen Indonesia saat melakukan pembayaran digital. Hal ini tentunya akan berkontribusi positif terhadap Gerakan Nasional Non-Tunai dari Bank Indonesia,” tutup Djasmin.

AstraPay telah mendapatkan lisensi sebagai uang elektronik dari Bank Indonesia. Di sisi keamanan akses akun, AstraPay dilengkapi dengan mekanisme single device authentication. Sistem ini hanya memungkinkan pengguna untuk login akun di satu device saja, sehingga pengguna tetap aman bertransaksi di AstraPay.

Langkah-langkah ini diharapkan menjadi bukti bahwa AstraPay adalah sarana pembayaran digital Grup Astra yang terpercaya, khususnya di kancah layanan keuangan digital Indonesia.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version