youngster.id - Inovasi adalah salah satu bagian yang dapat membawa keunggulan bagi perusahaan melalui penciptaan ide baru, proses baru, produk baru, sesuai dengan peningkatan kondisi bisnis saat ini. Untuk mendorong inovasi ini AXIS menghadirkan AXISLABS 2023.
Program ini mengajak para mahasiswa berkolaborasi menuangkan ide dan gagasan kreatif untuk dikembangkan menjadi produk inovatif.
Chief Marketing Officer XL Axiata, Alfons Bosch Sansa mengatakan, AXIS bukan hanya brand untuk anak muda, tapi juga berkomitmen untuk bisa memberikan platform dan service yang terbaik untuk mereka.
“Untuk mendapatkan hal tersebut, melalui AXISLABS, kami bekerja bersama dengan anak muda untuk co-creating inovasi yang tepat bagi mereka,” kata Alfons dalam jumpa pers Kamis (16/11/2023) di Jakarta.
Berlangsung dalam periode Mei – November 2023, program ini telah menjaring lebih dari 3.000 peserta di Jakarta, Surabaya, dan Medan. Berkolaborasi dengan Narasi, rangkaian program AXISLABS telah dimulai sejak Mei 2023 di enam universitas yang tersebar di ketiga kota besar tersebut, yaitu Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Bina Nusantara Jakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Islam Negri Sumatera Utara.
Setelah melalui proses seleksi, terpilih 6 tim perwakilan 3 kota. Mereka mendapatkan workshop terkait dengan product ideation dan development. Selanjutnya, selama satu bulan program, peserta juga di mentori langsung oleh para professional dari tim AXIS, dimana setiap minggunya selalu ada milestone yang harus di lewati mulai dari research dan insight, product ideation, campaign development, hingga pitching innovation.
Setelah melakukan presentasi proposal kepada Leaders dari XL Axiata, terpilih sebagai juara pertama adalah Tim dari Jakarta dengan studi kasus loyalty program Alifetime di AXISNET dan Runner Up tim dari Medan dengan studi kasus Fitur KATAAXIS di AXISNET.
Head Youth Marketing XL Axiata Nahdiah Estu menjelaskan, para pemenang memperoleh hadiah uang tunai senilai Rp 50 juta untuk juara pertama dan Rp 15 juta untuk runner up. “Selain itu, terdapat benefit lain yang diperoleh para peserta dalam bentuk uang saku, facilitator yang mumpuni di bidang product development, hingga pemanfaatan co-working space di masing-masing kota yang bisa digunakan untuk tempat pertemuan hingga brainstorming,” katanya.
Dia menegaskan, AXISLABS bukan program magang tapi kolaborasi dan co-creation.” Kami ingin mendapat ide yang datang dari pengguna yang tahu persis kebutuhan apa. Sehingga hasilnya bisa memberikan dampak bagi pengguna, ” ujarnya.
Saat ini ada 58 juta pelanggan XL termasuk axis, selain itu ada 27 juta yang menggunakan aplikasi AXISNet dan MyXL. Hasil dari kompetisi ini akan diaplikasikan ke dalam fitur layanan AXISNet.
“Kami senang dapat turut serta dalam program ini karena selain mendapat tantangan juga banyak pengalaman selama mengikuti program hingga mendapat inovasi ini,” kata Jasmine Atirah mewakili tim Jakarta.
STEVY WIDIA