AYDA 2019 Gandeng Akademisi dan Praktisi Arsitektur dan Desainer Interior

Peluncuran Asia Youngster Designer Award (AYDA) 2019. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Asia Youngster Designer Award (AYDA) kembali digelar. Kompetisi yang diprakarsai Nippon Paint Indonesia turut bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia kali ini menggandeng pihak universitas dan para Praktisi Arsitektur dan Desainer Interior.

Jon Tan, CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia mengatakan dengan  pihaknya yakin kompetisi ini akan berkembang dan bersinergi dengan lebih baik. 

“Dukungan pemerintan dan para praktisi, industri dan berbagai universitas ternama di Indonesia, tentunya meningkatkan kualitas kompetisi ini dan mendukung talenta-telenta baru menjadi pemimpin di masa depan industri arsitektur dan desain interior,” kata Jon pada peresmian AYDA Selasa (16/7/2019) di Auditorium Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Jakarta. 

Menurut Jon, kompetisi AYDA tahun ini menekankan pada ide-ide baru yang dapat menjadi solusi desain praktis. Kompetisi kali ini juga mengangkat tema “Forward: A Sustainable Future”, yaitu merefleksikan masa depan yang berkelanjutan.

“AYDA ingin memotivasi generasi muda untuk wujudkan visi mereka dan menjadikan masa depan yang berkelanjutan menjadi nyata bagi kita semua. AYDA tahun ini juga kembali memberikan beasiswa Summer School Program di Harvard Graduate School of Design kepada juara pertama di tingkat Asia. Oleh sebab itu,  Nippon Paint selalu membuka diri untuk berkerjasama dengan berbagai pihak, guna mendorong peningkatan kemampuan bersaing desainer muda Indonesia di tingkat global,” jelas Jon.

Sementara, Ismunandar Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kkemenristekdikti mengatakan  kompetisi AYDA merupakan hal baru dalam bidang Arsitektur. Untuk itu, Pemerintah sangat mendukung.

“Kompetisi ini sebagai pembelajaran otentik melihat problem nya riil, karena melalui kompetisi ini tentunya menyisahkan sesuatu yang ada di luar kelas atau saat berada di bangku kuliah. Bagi kami kompetisi ini sebagai pelengkap dari yang tidak pernah ada dan didapat di kampus,” kata Ismunandar.

AYDA 2019 juga bekerjasama dengan Harvard Graduate School of Design. Hal ini menjadikan AYDA sebagai sebagai salah satu penghargaan bergengsi di Asia yang diselenggarakan di 15 lokasi geografis, yaitu Bangladesh, India, Indonesia, Iran, Jepang, Malaysia, Pakistan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Tiongkok, Wilayah Teritori Tiongkok (Hong Kong & Taiwan), dan Vietnam.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version