youngster.id - Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 telah menyaring 24 peserta ke babak Battle Round. Persaingan yang ketat membuat DSC memberikan tantangan tetang kepemimpinan (Leadership) kepada para peserta.
Ke-24 challengers yang lolos ke babak Battle Round DSC Season 14 digodong mengenai kepemimpinan dan belajar memberikan kontribusi nyata untuk pengembangan dan keberlanjutan sebuah bisnis. Untuk itu mereka dibawa mengunjungi Takokak Win’s Tea, perkebunan teh milik PT Harmoni Nirwana Lestari di Cianjur, Jawa Barat.
“Dengan menggabungkan Social Culture, Environment, dan Governance, challengers harus berpikir kreatif untuk membuat fondasi kokoh sebuah rekomendasi langkah strategis yang berkelanjutan,” ungkap Edric Chandra Program Initiator DSC dalam keterangannya, Jumat (22/12/2023).
Selesai menggali proses produksi Takokak Win’s Tea, challengers DSC Season 14 yang dibagi menjadi tiga kelompok yaitu Lestari, Makmur, dan Jaya melanjutkan perjalanan ke Bandung. Di kota Kembang ini, ketiga kelompok menjawab tantangan DSC dengan melakukan riset pasar dan menjual teh Takokak Win’s Tea di tiga kafe berbeda.
Dalam menjalankan tantangannya, challenger diberi waktu 3,5 jam untuk melakukan customer survey hingga melakukan penjualan dan pada akhirnya harus melaporkan hasil penjualan produk Takokak Win’s Tea tersebut.
Direktur PT Harmoni Nirwana Lestari, Kent Dixon mengapresiasi upaya para challengers dalam memberikan rekomendasi strategi bisnis sesuai dengan value dan positioning Takokak Win’s Tea . Dirinya juga sangat tertarik pada ide salah satu kelompok untuk dielaborasi dalam menjalankan bisnisnya. “Mungkin dari rekomendasi tersebut ada yang bisa kami coba untuk diterapkan,” ujarnya.
Kriteria 3P yaitu Paham, Piawai, Persona menjadi penilaian yang signifikan pada babak battle round ini. Para Challengers dituntut memiliki pemahaman yang baik dari bisnis, piawai dalam berinovasi hingga mengeksekusi ide, serta memiliki kepribadian yang positif, baik saat bekerja sendiri maupun bekerja dalam tim.
Co-Founder Mbloc Space, Handoko Hendroprayono selaku salah satu juri menilai dari sisi pemasaran para challengers. Menurutnya, pengetahuan dan kesukaan pada suatu produk akan membuat cara pemasarannya pun menjadi kreatif. “Para challengers dalam menjalankan tantangannya mempunyai peluang untuk menjadi yang terbaik,” ujarnya.
Setelah tahap Battle Round 1yang diikuti oleh Top 24 challengers, Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 akan menuju ke tahap Battle Round 2 dan lebih dekat meraih hibah modal usaha total Rp2,5 miliar, pendampingan berkelanjutan dari coach bisnis profesional, serta bergabung dalam jejaring wirausaha Diplomat Entrepreneur Network (DEN).
STEVY WIDIA
Discussion about this post