youngster.id - Chatting telah menjadi metode komunikasi utama di dunia e-commerce. Melihat peluang itu, BJtech meluncurkan Balesin.id, produk berbasis chatbot yang merupakan admin otomatis untuk membuat proses jual-beli online lebih mudah.
Didukung teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), Balesin.id memposisikan diri sebagai admin otomatis toko online yang siap menjawab pertanyaan pelanggan dengan tepat dan cepat.
“Perkembangan kecerdasan buatan di Indonesia berpotensi besar untuk membantu pelaku bisnis online yang terbiasa berjualan lewat chatting. Semakin tinggi skala operasionalnya, tantangan yang dihadapi seller juga semakin besar untuk membalas chat pelanggan,” kata Diatce G. Harahap, CEO BJtech melalui keterangan tertulisnya, Senin (6/3/2019).
Diatce mencontohkan, misalnya ada 200 chat yang masuk ke ponsel dalam sehari, berapa persen pelanggan yang akhirnya membeli? Dengan adanya admin otomatis berbasis chatbot, seller akan terbebas menjawab pertanyaan-pertanyaan repetitif dan bisa mengerjakan pekerjaan lain yang lebih efisien.
“Seller akan memiliki lebih banyak waktu luang untuk menangani serious buyer, dan tentunya akan meningkatkan penjualan mereka,” ucapnya menambahkan.
Menurut dia, dengan chatbot ini penjual tidak perlu menjawab ratusan chat pelanggan satu per satu, sementara pembeli juga tidak khawatir karena pertanyaan mereka akan dijawab kapan pun, selama 24 jam.
Saat ini Balesin.id sudah terkoneksi dengan Line Messenger. Selanjutnya akan terkoneksi dengan WhatsApp dan memiliki link sendiri.
Tidak hanya siap melayani setiap pertanyaan pelanggan secara otomatis, Balesin.id juga menyediakan mini-website yang bisa dimanfaatkan penjual untuk menampilkan barang-barang dagangan mereka.
Mini-website tersebut diklaim memudahkan pembeli untuk melihat-lihat produk beserta detailnya, kemudian melakukan pembelian tanpa keluar dari layar chatting.
Adapun fitur-fitur lainnya dapat mendukung proses jual-beli online menjadi lebih mudah, seperti kalkulasi biaya dan ongkos kirim otomatis, dashboard untuk memantau aktivitas penjualan toko online, hingga data analitik untuk mencapai penjualan yang maksimal.
Untuk membuat pembeli lebih interaktif dan nyaman saat chatting, penjual bisa memilih sendiri gaya bahasa atau percakapan sesuai dengan bisnis online yang dijalankan.
STEVY WIDIA
Discussion about this post