youngster.id - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) bekerja sama dengan PT Railink menyediakan layanan mobile banking D-Mobile dan Danamon Online Banking untuk pembelian tiket Kereta Api Bandara dari dan ke Bandara Internasional Soekarno Hatta secara non tunai. Langkah ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan layanan transportasi publik.
Menurut Dinas Perhubungan DKI Jakarta, jumlah penggunaan transportasi publik di Jakarta baru di sekitar 12%-15% dari total penduduk provinsi. Sementara menurut data Bank Indonesia, penggunaan pembayaran non tunai di Indonesia juga masih relatif rendah, dimana penggunaan kartu kredit berada pada tingkat 2% dan kartu debit pada tingkat 8%. Untuk mendukung meningkatnya penggunaan transportasi publik maka Bank Danamon berkolaborasi dengan PT Railink.
“Kerjasama Bank Danamon dengan Railink adalah jawaban kami bagi kebutuhan nasabah dan masyarakat yang ingin menggunakan transportasi publik dari dan ke Bandara secara cepat dan mudah. Railink menyediakan transportasi aman dan nyaman bagi masyarakat, sementara Bank Danamon melengkapinya dengan solusi pembayaran digital yang mudah dan cepat,” kata Michellina Triwardhany, Wakil Direktur Utama Bank Danamon dalam keterangannya baru-baru ini di Jakarta.
KA Bandara Soekarno-Hatta melayani penumpang dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta di pemberhentian Stasiun BNI City di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, dan Stasiun Batu Ceper, Tangerang, dengan waktu tempuh 55 menit, dan dalam waktu dekat, waktu tempuhnya akan dipersingkat lagi menjadi 40 menit, dan rute layanannya diperpanjang hingga ke Bekasi.
“Sinergi ini juga mengedepankan dukungan layanan perbankan dalam meningkatkan kesadaran penggunaan fasilitas transportasi umum secara non tunai,” ujar Dhany.
PT Railink, sebagai penyedia jasa transportasi kereta api bandara sejak 2013, selain itu juga membangun dan menyiapkan Airport Railway Ticketing System (ARTS) sebagai penunjang operasional KA Bandara Soekarno-Hatta. Dengan penerapan pembayaran non tunai (cashless), serta kemudahan-kemudahan untuk mendapatkan tiketnya melalui internet booking (ibook) dan aplikasi mobile (mobile apps), selain juga tersedia pada mesin otomatis penyedia tiket (vending machine) di stasiun-stasiunnya.
Dengan kerjasama ini, pembelian tiket Kereta Api Bandara dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking Bank Danamon yaitu D-Mobile serta di Danamon Online Banking. Selain kerjasama dalam metode pembayaran, Bank Danamon juga menggunakan ruang publik pada sarana Kereta Api Bandara, seperti gerbong dan stasiun, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas produk dan layanan perbankan.
“Fasilitas transportasi publik memberikan kesempatan yang baik untuk perkenalan sekaligus edukasi kepada masyarakat luas tentang layanan perbankan. Harapan kami, wawasan tersebut pada akhirnya akan berdampak positif terhadap industri transportasi serta perbankan di Indonesia,” pungkas Dhany.
STEVY WIDIA