Bank DBS Indonesia Tawarkan Beasiswa Kelas Coding untuk Tenaga Pendidik

Yandex Cup

Yandex Ajak Programer Indonesia Ikut Kompetisi Programming Internasional (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Dalam rangka merayakan Hari Pendidikan Nasional, Bank DBS Indonesia dan DBS Foundation memberikan beasiswa kelas coding melalui program ‘DBS Foundation Coding Camp 2023’ yang ditujukan bagi masyarakat umum, khususnya tenaga pendidik di Indonesia untuk meningkatkan dan memperbaharui pengetahuan digital mereka.

Data oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tahun 2022 menunjukkan bahwa terdapat kekurangan 781.000 tenaga pendidik di Indonesia. Selain itu, kompetensi dan kualitas pendidik yang sudah ada dianggap belum memadai dan tidak merata di seluruh Indonesia.

Tenaga pengajar masa kini pun dituntut untuk memiliki kompetensi di bidang digital, khususnya setelah pandemi Covid-19 yang mengharuskan para pendidik melakukan berbagai inovasi digital untuk melanjutkan proses pembelajaran bagi muridnya.

Menyikapi tantangan tersebut, Bank DBS Indonesia berkomitmen untuk mendukung peningkatan kemampuan pembelajaran digital melalui DBS Foundation Coding Camp 2023. Hal ini sejalan dengan upaya Kemendikbud Ristek dalam hal digitalisasi pendidikan untuk memudahkan akses bahan belajar dan pengajaran bagi para guru.

Head of Group Strategy Marketing and Communications PT Bank DBS Indonesia Mona Monika mengatakan, tenaga pendidik adalah kunci sukses dalam mengaplikasikan metode pembelajaran yang jitu terutama dalam pemberian materi dan penggunaan teknologi digital.

“Sejalan dengan misi kami untuk menjadi Best Bank for A Better World, Bank DBS Indonesia senantiasa konsisten dalam memberikan kontribusi positif kepada nasabah, mitra dan masyarakat. Oleh karena itu, DBS Foundation Coding Camp 2023 merupakan penjelmaan dari komitmen kami dalam memberikan nilai tambah kepada komunitas dan masyarakat dengan memberikan ruang bagi mereka untuk meningkatkan keterampilan digital sebagai salah satu future-ready skill yang diperlukan.

Kelas-kelas dalam DBS Foundation Coding Camp 2023 terbagi menjadi empat level yaitu basic, beginner, intermediate, dan expert yang disesuaikan dengan kebutuhan dan pengetahuan dasar setiap peserta. Hingga saat ini, lebih dari 10.000 sertifikat telah dikeluarkan bagi para peserta yang telah menyelesaikan tahap basic dan beginner.

Beasiswa untuk mengikuti kelas intermediate dan expert akan diberikan kepada peserta kelas DBS Foundation Coding Camp yang sudah menyelesaikan kelas beginner dan basic sebelum tanggal 31 Mei 2023. Peserta yang mendapatkan beasiswa akan dipilih melalui seleksi ketat yang menilai hasil proyek akhir, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan kelas, dan profil setiap peserta.

Sejak diluncurkan pada awal tahun 2022, sebanyak lebih dari 36.000 peserta telah mengikuti program ini, baik untuk kelas Back-End Developer maupun DevOps Engineer.

“Kami berharap agar semakin banyak masyarakat, khususnya guru dan tenaga pengajar yang berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk bersama-sama menciptakan generasi masa depan dengan literasi digital yang mumpuni,” tutup Mona.

 

HENNI S.

Exit mobile version