Baparekraf ScaleUp Champions, Program Pemberdayaan Industri Kreatif dan Startup Digital

Baparekraf ScaleUp Champions

Baparekraf ScaleUp Champions 2023. (Foto: istimewa)

youngster.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama KUMPUL.ID meluncurkan program Baparekraf ScaleUp Champions (BSC). Program ini berfokus memberdayakan industri digital Indonesia, dengan mengakselerasi inovasi dari para pendiri startup yang berkaitan dengan 17 subsektor ekonomi kreatif.

Menteri Parekraf Sandiaga Uno memaparkan, industri startup digital Indonesia kini sedang dalam masa yang sangat diperhitungkan. Hal ini mendorong, Baparekraf dan KUMPUL.ID mencoba mengakselerasi startup agar memperoleh tambahan pengetahuan untuk mengembangkan bisnis mereka.

“Hadirnya Baparekraf Scale-Up Champions 2023 ini, saya harapkan akan menghasilkan Unicorn dan Decacorn baru di Indonesia,” kata Sandiaga Uno dalam peluncuran program BSC Jumat (26/5/2023) di Jakarta.

Program ini menawarkan jaringan dan peluang menuju pasar global dalam beberapa tahun ke depan. Di antaranya, pengembang permainan, arsitektur, desain Interior, musik, seni rupa, desain produk, fesyen, kuliner, film, animasi dan video.

Dalam acara tersebut digelar diskusi dengan panelis Direktur Aplikasi, Permainan, TV, dan Radio dari Kementerian Parekraf Iman Sentosa, Director Sun Eater Kukuh Rizal Arfianto, serta Jesha Vebrattie Effendie selaku Digital Investment & Venture Builder dari Living Lab Ventures dengan moderator Chief Business & Ecosystem dari KUMPUL.ID Amalia Aini.

Dalam diskusi itu disampaikan tiga poin penting. Pertama adalah mendorong inovasi dalam kreativitas dan kolaborasi di era teknologi. Kemudian, merevolusi pembuatan konten dalam berbagai bidang industri kreatif, dan menciptakan peluang lebih besar. Serta memaksimalkan potensi dan tren untuk memajukan para kreator dan founder startup digital di masa depan.

“Kami berpatokan pada pengasahan produk dan memfasilitasi praktisi startup agar bisa mengembangkan produknya ke tingkat nasional dan global. Nantinya akan kami bawa lima start up ke Singapura untuk bisnis matching,” tutur Iman.

Sementara Jesha Vebrattie Effendie menjelaskan, masyarakat Indonesia mengalami perubahan pola perilaku selama Pandemi Covid-19. Dari yang tadinya gemar belanja offline, menjadi online. Hal itu dipengaruhi perkembangan teknologi yang sangat pesat di tahun ini, sehingga harus dijadikan momentum terbaik bagi setiap konten kreator dan startup founder untuk melebarkan sayap ke pasar global yang lebih luas.

Dia berharap, semua startup founder Indonesia bergabung dan memanfaatkan semua sumber daya yang disediakan Baparekraf dan KUMPUL.ID. Sebab, banyak rangkaian workshop dan mentoring yang akan dilakukan agar semua pihak bisa terus berinovasi bersama teknologi.

“Nanti ada 8 startup terpilih dari semua peserta yang akan dibimbing secara intens agar berkembang dan berpeluang mendapat suntikan dana mulai dari 100 ribu dolar Amerika,” sebut Jesha.

Pendaftaran Baparekraf ScaleUp Champions masih dibuka hingga 31 Mei 2023, ll. Sejauh ini sudah ada 30 startup yang mendaftar. Guna mendapatkan seluruh informasi terkini terkait program, bisa mengakses akun Instagram bsc.baparekraf.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version