Rabu, 12 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Bekraf Pacu Edukasi Bisnis Online Bagi UMKM

19 Mei 2017
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Bekraf Fasilitasi Pembiayaan Industri Kreatif Hingga Rp500 miliar

Bekraf siapkan dana insentif untuk pelaku ekonomi kreatif. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Platform digital mulai dimanfaatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia untuk memperbesar skala bisnis. Namun masih banyak yang belum paham mengelola bisnis ini.

Demikian disampaikan Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Fadjar Hutomo.

“Menjadi pemain bisnis online tidak sekadar punya akun di marketplace, punya website. Begitu dia online, maka lingkungan persaingannya pun berubah, tidak hanya skala nasional tapi juga global. Ini harus diikuti dengan perubahan mindset,” papar dia dalam peluncuran program #KamuJugaBisa oleh Lazada, Bank Mandiri, Telkomsel, dan JNE, Kamis (18/5/2017) di Jakarta.

Dengan masuk ke platform digital, tingkat pelayanan yang diberikan pun dituntut untuk sempurna. Sayangnya, masih sering ditemui kasus di mana barang yang dikirim tidak sesuai dengan permintaan atau harapan konsumen. Misalnya, ukuran tidak sesuai, warna tidak sama dengan gambar yang ditawarkan, hingga kondisi barang yang rusak atau cacat ketika sampai di tangan pembeli.

Baca juga :   UMKM Baru Diyakini Jadi Kekuatan Ekonomi Nasional

Terkadang, kondisi tersebut diperburuk dengan rendahnya kualitas respons yang diberikan oleh penjual. Padahal, hal itu merupakan penentu keberlangsungan usaha dan reputasi bisnis UMKM terkait.

“Maka perlu edukasi agar kapasitas UMKM naik, literasi digital naik, habit dan mindset sebagai pebisnis online pun berubah,” jelas Fadjar.

Chief Financial Officer Lazada Indonesia Sandy Permadi mengungkapkan pihaknya sangat memperhatikan perkembangan UMKM Indonesia. Menurut dia, hampir 90% seller Lazada merupakan pengusaha skala UMKM.

Lazada mengaku memiliki Lazada University yang bertugas memberikan edukasi secara komprehensif kepada pelaku UMKM terkait pengelolaan bisnis online yang baik. “Bagaimana menulis content yang baik, inventory management yang baik, kami edukasi mereka terus,” tutur Sandy.

Baca juga :   Orami Punya Tampilan dan Fitur Aplikasi Baru

Adapun program #KamuJugaBisa diluncurkan untuk membantu UMKM mengembangkan bisnisnya lewat pembukaan akses yang lebih lebar dan edukasi.

Dalam program ini, Lazada berperan sebagai penyedia platform. Sementara itu, Telkomsel berkomitmen menyediakan akses, paket data, dan telepon murah; Bank Mandiri akan membantu akses pembiayaan; dan JNE memberi dukungan gratis ongkos kirim selama tiga bulan bagi para UMKM yang menjadi peserta.

STEVY WIDIA

Tags: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)bisnis onlineFajar HutomoUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Previous Post

Dorong Generasi Muda Ciptakan Inovasi untuk Dunia yang Lebih Baik Telkom Kembali Gelar Kompetisi Socio Digi Leaders

Next Post

APJATEL Genjot Akselerasi Pembangunan Pita Lebar Indonesia

Related Posts

Lewat TEI 2025, Telkom Dorong UMKM Binaan Jajaki Pasar Global
News

Lewat TEI 2025, Telkom Dorong UMKM Binaan Jajaki Pasar Global

5 November 2025
0
Google.org Kucurkan Hibah US$7 Juta Untuk Percepat Ekonomi AI dan Ketahanan Pangan di ASEAN
Headline

ASEAN Foundation Gelar Pelatihan AI Bagi 100 RIbu Pelaku UMKM di Kawasan Asia Tenggara

6 Oktober 2025
0
Bliink Hadirkan Platform Manajemen Perjalanan Bisnis Untuk UMKM Indonesia
Headline

Bliink Hadirkan Platform Manajemen Perjalanan Bisnis Untuk UMKM Indonesia

11 September 2025
0
Load More
Next Post
APJATEL Genjot Akselerasi Pembangunan Pita Lebar Indonesia

APJATEL Genjot Akselerasi Pembangunan Pita Lebar Indonesia

TEI 2017, Pameran B2B Terbesar di Indonesia

TEI 2017, Pameran B2B Terbesar di Indonesia

HP Dukung Bisnis Periklanan Di Tanah Air

HP Dukung Bisnis Periklanan Di Tanah Air

Discussion about this post

Recent Updates

Apple Gelar Swift Student Challenge 2026, Kisah Peserta Indonesia Jadi Inspirasi

Apple Gelar Swift Student Challenge 2026, Kisah Peserta Indonesia Jadi Inspirasi

12 November 2025
Sora Hadir di Android, Siap Bersaing di Pasar Aplikasi Video Pendek

Sora Hadir di Android, Siap Bersaing di Pasar Aplikasi Video Pendek

12 November 2025
Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

12 November 2025
Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Apple Gelar Swift Student Challenge 2026, Kisah Peserta Indonesia Jadi Inspirasi

Apple Gelar Swift Student Challenge 2026, Kisah Peserta Indonesia Jadi Inspirasi

12 November 2025
Sora Hadir di Android, Siap Bersaing di Pasar Aplikasi Video Pendek

Sora Hadir di Android, Siap Bersaing di Pasar Aplikasi Video Pendek

12 November 2025
Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

12 November 2025
Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version