Belajar Design Thingking di Workshop Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Surabaya

Ignition Kedua dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Surabaya. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Second Wave Surabaya masuk ke tahapan Workshop. Workshop Surabaya kali ini akan diikuti oleh 31 tim startup digital pada 15-16 Juli 2017 di Auditorium Sekolah Tinggi Teknik Surabaya.

Yang menarik para peserta akan dikenalkan akan Design Thinking, yang merupakan salah satu hal yang krusial dalam proses pembuatan suatu startup digital. Menurut data yang dilansir dari Forbes, Design Thinking dibutuhkan dalam memulai penentuan seperangkat objektif dan menyelidiki bagaimana mengembangkan sebuah solusi berdasakan objektif yang telah dibangun.

“Salah satu keterbatasan yang sering kali dimiliki para pendiri startup adalah kurangnya kemampuan dalam problem solving dan pengenalan pasar. Mereka harus menguasai design thinking, sehingga dapat melihat dan menyederhanakan suatu rencana, serta memilah bagian terpenting yang ingin diselesaikan dalam waktu cepat namun sesuai dengan validasi yang telah dilakukan,” ungkap founder Code Margonda, Tommy Herdiansyah dalam keterangan resmi penyelenggara Gerakan 1.000 Startup Digital, Jumat (14/7/2017).

Workshop Surabaya akan menghadirkan tiga pembicara yang sudah mumpuni di tiga materi yang akan diberikan. Para pembicara tersebut adalah founder Code Margonda, Tommy Herdiansyah yang akan membawakan materi Design Thinking. Selain itu akan dibahas Market Validasion oleh CEO Inagata Technosmith, M. Miftahul Huda, dan materi Business Model yang akan dibahas oleh Head of Business Development Beon Intermedia, Afrizal Baharsyah.

Pada awal Workshop, peserta diarahkan untuk membuat sebuah tim yang terdiri dari elemen Hustler, Hipster, dan Hacker. Untuk hari pertama, peserta akan mendapatkan materi Design Thinking yang akan berfokus pada identifikasi dan pemetaan masalah yang ingin dipecahkan sampai menemukan alternatif solusi atas masalah tersebut.

Pada hari kedua nanti, peserta akan diberikan materi Market Validation dan Business Model. Setelah memetakan masalah dan menemukan alternatif solusi, mereka akan mem-validasi alternatif solusi yang mereka berikan dibutuhkan untuk masyarakat. Setelah menentukan target pasar dengan jelas, peserta juga akan belajar bagaimana membuat Business Model yang tepat atas solusi mereka tersebut.

Setelah Workshop Surabaya pekan ini, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital akan melaksanakan tahap Workshop di Medan dan tahap Hacksprint di Makassar pekan depan.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version