Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Belanja Online Semakin Diminati, Namun Kepuasan Menurun

6 September 2017
in Headline, News
Reading Time: 1 min read
Belanja Online Semakin Diminati, Namun Kepuasan Menurun

Indra Yonathan Country General Manager Shopback Indonesia. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Belakangan ini masyarakat semakin menyukai kegiatan belanja online untuk memenuhi kebutuhan. Hal itu dibuktikan dengan hasil survey yang dilakukan ShopBack baru-baru ini. Meski demikian, tingkat kepuasan terhadap layanan e-commerce turun dibanding tahun lalu.

Indra Yonathan Country General Manager Shopback Indonesia mengungkapkan itu berdasar hasil survei yang dilakukan pihaknya pada 2.400 responden di tujuh kota.

“Konsumen menilai dunia e-Commerce di Indonesia telah semakin berkembang dan mampu mengubah perilaku berbelanja mereka. Bahkan dengan makin banyaknya e-commerce memicu adanya shifting dari offline ke online,” kata Indra Selasa (5/9/2017) kepada Media di Jakarta.

Dari survei tersebut didapati 92,3% responden makin sering berbelanja online dibanding tahun lalu. Bahkan sebanyak 83% konsumen mengaku telah mengurangi aktivitas berbelanja di toko-toko konvensional. “Dalam sebulaln rata-rata konsumen berbelanja online hingga lima kali, ini lebih tinggi dari hasil survey kami tahun lalu yang menunjukkan rata-rata frekuensi belanja hanya 1-2 kali dalam sebulan,” ungkapnya.

Menurut Indra, alasannya, berbelanja online dirasa lebih lebih nyaman, barang lebih lengkap, dan harganya pun kerap lebih murah ketimbang offline. “Mungkin tidak perlu macet dan parkir, jadi mereka lebih pilih belanja online,” ujarnya. Sejumlah promosi pun makin menggiatkan responden untuk berbelanja online. Apalagi bila promosi tersebut dalam bentuk diskon dan bebas ongkos kirim.

Baca juga :   Blockchain Sebagai Solusi Masa Depan?

Kendati demikian, responden merasa tidak puas dengan promo diskon yang diberikan e-commerce. Mereka menilai harga kerap dinaikan terlebih dulu. Selain itu harga diskon pun kerap tidak akurat. Hal ini membuat tingkat kepuasan konsumen yang tahun lalu mencapai 98% tahun ini turun menjadi 86%.

“Temuan ini kami harapkan menjadi masukan yang berharga bagi pelaku e-commerce di Indonesia agar mereka terus berinovasi menciptakan pendekatan yang lebih segar guna makin memperkuat kepercayaan masyarakat,” ucap Indra.

STEVY WIDIA

Tags: e-commerceShopBacksurvey belanja online 2017
Previous Post

Kunjungan Menteri Kominfo ke Crisis Center Service Recovery Satelit Telkom 1 66% Layanan ATM Perbankan Telah Pulih

Next Post

6 Startup Terpilih Masuk GnB Accelerator Batch Ketiga

Related Posts

Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Blibli dan Grab Hadirkan Green Delivery, Prioritaskan Layanan Dengan Kendaraan Ramah Lingkungan
Headline

Blibli Jaga Pertumbuhan Bisnis Dengan Ekosistem Perdagangan Omnichannel

15 September 2025
0
Load More
Next Post
6 Startup Terpilih Masuk GnB Accelerator Batch Ketiga

6 Startup Terpilih Masuk GnB Accelerator Batch Ketiga

Produk Ini Yang Paling Banyak Dibeli di e-Commerce

Produk Ini Yang Paling Banyak Dibeli di e-Commerce

Hasil Riset FKUI Jadi 1st Best Project Research Award

Hasil Riset FKUI Jadi 1st Best Project Research Award

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version