youngster.id - Tren fesyen diproyeksi mengarah pada effortless fashion, gaya simpel, praktis, namun tetap elegan. Menyambut peluang tersebut, Durachy jenama sepatu wanita asal Mojokerto, Jawa Timur optimis dapat menjangkau pasar lebih luas. Dengan memanfaatkan teknologi digitalisasi, serta kolaborasi bersama e-commerce.
“Sebagai pengusaha muda, saya percaya kunci sukses adalah berani memulai, konsisten, dan terus belajar. Jangan menunggu waktu sempurna, mulailah dari apa yang ada,” kata M. Najiyulloh Ainur Rofiq, Founder of Durachy dikutip dari Kisah UMKM Shopee “Sukses Berkarya Sebelum 30”, Jumat (12/9/2025).
Pria yang akrab disapa Aji membangun UMKM dengan produk sepatu perempuan ini pada tahun 2022. Menariknya saat itu dia baru berusia 19 tahun.
“Saya memulai Durachy di usia 19 tahun. Keresahan saya sederhana, mengapa perempuan muda harus memilih antara sepatu yang nyaman atau harga yang terjangkau, mengapa tidak bisa memadukan kenyamanan dengan harga terjangkau,” ucapnya.
Dari kegelisahan itu, ia memutuskan untuk membuat solusi sendiri. Dia menargetkan perempuan muda berusia 18–35 tahun yang membutuhkan sepatu fungsional, trendi, sekaligus nyaman digunakan. Dia lalu menggandeng para pengrajin lokal Mojokerto yang telah berpengalaman puluhan tahun.
“Dengan melibatkan mereka, saya ikut memberdayakan komunitas lokal. Keputusan ini sejalan dengan visi saya untuk membangun usaha yang berkelanjutan sekaligus memberi manfaat bagi lingkungan sekitar,” ucapnya.
Aji mengakui, upayanya tidak mulus. Dia harus berhadapa dengan masalah keterbatasan modal, minimnya keterampilan produksi, hingga tantangan membangun kepercayaan konsumen terhadap brand baru. “Berbagai hambatan tersebut justru menjadi bahan bakar semangat untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda,” ujarnya.
Durachy kemudian hadir dengan keunikan yang menjadi nilai jual utama, yakni desain yang timeless namun tetap relevan dengan tren, penggunaan material lokal berkualitas tinggi seperti kulit sintetis premium, serta kenyamanan sepatu yang bisa digunakan sepanjang hari.
Awalnya, produk sepatu Durachy hanya dipasarkan kepada teman dan keluarga. Respons positif dari konsumen membuat pemuda ini berani melangkah lebih jauh dengan memanfaatkan media sosial dan kini hadir di platform e-commerce Shopee.
Keputusan tersebut membuka pintu baru, mulai dari kapasitas produksi berhasil ditingkatkan, tim operasional diperkuat, dan akses menuju pasar yang lebih luas semakin terbuka. Bagi Aji, Shopee bukan sekadar platform jual beli, tetapi mitra strategis yang menghadirkan wadah inklusif bagi banyak UMKM lokal untuk bertumbuh.
Berbagai program dan fitur interaktif Shopee dimanfaatkan Durachy secara maksimal. Rangkaian kampanye belanja tematik, seperti Shopee Big Ramadan Sale, memberikan panggung besar bagi produk sepatu lokal ini untuk lebih dikenal. Hasilnya, pada kampanye tersebut di tahun ini penjualan Durachy melonjak hingga 3 kali lipat dibandingkan hari biasa.
Menurut Aji, tak hanya kampanye tematik, fitur interaktif seperti Shopee Live juga menjadi kanal utama Durachy dalam meningkatkan interaksi dengan konsumen. Shopee Live membantu penjualan mereka tumbuh hingga 3 kali lipat dibanding sebelum optimalisasi fitur ini. Kini, kontribusi Shopee Live mencapai 35% dari total penjualan, naik signifikan dari tahun sebelumnya.
Selain itu, Shopee Video memberi ruang kreatif bagi Durachy untuk menghadirkan konten singkat yang menarik, terutama untuk menyasar audiens Gen Z. Ditambah lagi, melalui Shopee Affiliate Program, produk-produk Durachy semakin dikenal luas secara organik berkat dukungan berbagai konten kreatif dari para kreator lokal.
Kini Aji tengah melakukan kolaborasi eksklusif bersama Shopee untuk meluncurkan koleksi Daily Chic, sepatu formal kasual yang dirancang untuk kebutuhan kerja sekaligus hangout. Tak berhenti di situ, Durachy akan segera merilis “FlexiWalk Series”, koleksi sepatu fleksibel, ringan, dan stylish yang terinspirasi dari kebutuhan perempuan agar tetap aktif dan nyaman sepanjang hari.
Aji berencana memperluas lini produk Durachy ke kategori fesyen perempuan lain, seperti tas dan aksesori penunjang gaya sehari-hari. Dia berharap dengan eksplorasi variasi produk baru dapat terus memberdayakan pengrajin lokal dan menghadirkan produk yang relevan dengan gaya hidup perempuan muda.
“Ke depan, Durachy berencana untuk menembus pasar internasional melalui Program Ekspor Shopee. Saat ini, persiapan tengah dilakukan, mulai dari kesiapan logistik hingga sertifikasi produk, agar produk-produk Durachy dapat bersaing dan diterima di kancah global. Harapan saya, Durachy bisa menjadi simbol kreativitas, keberanian, sekaligus kebanggaan akan produk lokal Indonesia,” pungkasnya.
Discussion about this post