Jumat, 3 Februari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Brand Lokal Harus Siap Mental dan Konsisten Untuk Bisa Maju

5 Oktober 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Delly Dobujack

Founder dari Dobujack Delly Fitriansyah. (Foto: dok.youngster.id)

youngster.id - Bisnis di bidang fashion terus tumbuh dan berkembang di Indonesia. Untuk dapat memenangkan pasar dan terus mengembangkan bisnis para pebisnis fashion brand lokal harus punya mental yang kuat dan konsisten dalam berkarya.

Demikian kiat dari Delly Fitriansyah, Founder dari Dobujack, brand fashion lokal yang tengah naik daun.

“Untuk sukses menjadi brand fashion lokal tak hanya butuh kerja keras, tetapi juga mental yang kuat dan konsistensi dalam menjalani usaha,” kata Delly dalam acara Media Seller Story,Shopee 10.10 Brands Festival, Selasa (4/10/2022).

Delly memulai bisnis Dobujack pada tahun 2004 di Bandung. Menariknya, sejak awal dia sudah fokus memperkenalkan tren fashion unisex untuk para pria hingga wanita dengan mengedepankan gaya kasual, simpel, nyaman, namun trendi. Melalui ragam produk Dobujack, Delly berupaya membawa warna baru dengan menghadirkan variasi produk yang berkualitas.

“Saya memang menyasar generasi muda yang memiliki spirit fashion penuh petualang. Strategi penjualan kami diawali secara offline dengan menitipkan produk pada toko-toko distro Bandung. Kemudian, ingin mendapat atensi yang lebih besar, kami memberanikan diri memperluas distribusi hingga 15 titik kota besar seperti Jakarta, Jogja, Tangerang, Bekasi, Makassar, dan Surabaya,” ungkapnya.

Baca juga :   JD.ID dan Studio 133 Biyan Berkolaborasi

Pria kelahiran Bandung Bandung, 17 Juni 1986, mengaku mulai dengan modal minim dari kartu kredit dan pinjaman orangtuanya. Dia berhasil membuka gerai distro Dobujack pertama di Bogor, dan berlanjut di Bandung tahun 2014, dan Bekasi pada 2017.

“Perjalanan kami tidak mulus, banyak tantangan yang kerap dihadapi. Kerja keras, merelakan waktu bermain di masa kuliah, ditipu rekan bisnis, barang hilang, pembayaran tertunda bertahun-tahun, hingga kondisi terberat pada pandemi 2020 menyerang. Namun dengan demikian mental kami menjadi kuat menghadapi setiap kendala,” katanya.

Tantangan terberat adalah ketika Pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia. Rencana untuk pengembangan usaha jadi terhenti. Dari sini, Delly memutuskan untuk menyusun ulang strategi Dobujack penjualan dan beradaptasi dengan memanfaatkan ranah digital. Pilihan pun jatuh pada platform e-commerce Shopee.

Baca juga :   Tech Furry, Baterai Cair Yang Ramah Lingkungan

“Saat itu kami melihat Shopee dapat memperluas jangkauan serta kemudahan akses bagi konsumen. Bahkan berkat Shopee maka penjualan kami dapat bertumbuh di tengah situasi Pandemi,” ujarnya.

Menurut Delly, inovasi dan program yang dihadirkan Shopee membuat para penjual dapat meningkatkan skill & knowledge untuk beradaptasi cepat pada situasi pandemi dan menjaga keberlangsungan bisnis. Alhasil, Dobujack menjadi produk best seller hingga masuk nominasi Shopee Super Award 2021, kategori Super Favorite Local Brand.

Kini produk Dobujack semakin lengkap. Mulai dari kaos, jaket, celana hingga sandal, sepatu, topi, snapback, buckle hat, dompet, sabuk maupun aksesoris. Menariknya, seluruh proses produksi dilakukan secara lokal, mulai dari tempat membeli bahan, konveksi, penjahit, hingga packaging. Selain itu, Dobujack turut berkontribusi menciptakan lapangan pekerjaan. “Awalnya kami hanya punya 4pegawai kini mencapai 40 orang karyawan ditambah bantuan beberapa tenaga makloon,”ujar Delly.

Baca juga :   30 Startup Paling Besar Modal Di Dunia, Go-Jek Termasuk

Dengan antusiasme pengguna terhadap produk-produknya, Delly berupaya untuk semakin memperkuat kredibilitasnya sebagai brand terhadap konsumen, salah satunya dengan ikut berpartisipasi dalam kemeriahan kampanye 10.10 Brands Festival. Menurut dia, mereka mempersiapkan 10.000 paket dalam sehari disaat promo tanggal kembar. Bahkan Dobojack mendapat posisi penjualan bulanan tertinggi urutan keempat dalam kategori Men Fashion. Selain itu juga jadi produk terlaris no.1 di Coach Jacket. Serta masuk Top Ten produk terlaris kategori long sleeve, tshirt dan hoodie.

“Salah satu program yang sedang berlangsung adalah keikutsertaan kami pada kemeriahan kampanye Shopee 10.10 Brands Festival. Program ini menjadi momentum bagi kami para pelaku usaha guna meningkatkan eksposur melalui fitur-fitur yang ditawarkan. Kami berharap langkah kami ini dapat turut mendorong kreativitas anak muda dalam berekspresi, serta mampu mendorong perkembangan ekonomi Indonesia khususnya di bidang fashion UMKM,” tutup Delly.

 

STEVY WIDIA

Tags: brand lokalDelly FitriansyahDobujackMedia Seller StoryShopee 10.10 Brands Festival
Previous Post

Melon Indonesia Terpilih Tampil di Tokyo Game Show 2022

Next Post

Lebih Dari 2.000 UMKM Ikuti Pelatihan Menuju Ekosistem Digital G-20

Related Posts

Komunitas Kejar Mimpi CIMB Niaga
Headline

Bank CIMB Niaga Ajak Anak Muda Berpartisipasi dalam Gerakan Sosial Kejar Mimpi

2 Februari 2023
0
edDoorz Regional VP Marketing Henry Manampiring
Headline

RedDoorz Buktikan Bisa Resiliensi Dengan BEP di Masa Pandemi

2 Februari 2023
0
Peris.ai
Headline

Raih Dana Segar Startup Cybersecurity Peris.ai Akan Bina Komunitas Peretas Etis

2 Februari 2023
0
Load More
Next Post
SiCepat Ekspres Raih Pendanaan Seri B Terbesar di Asia Tenggara

Lebih Dari 2.000 UMKM Ikuti Pelatihan Menuju Ekosistem Digital G-20

Ecoxyztem

Usai Dapat Pendanaan, Ecoxyztem Siap Kembangkan Startup Berdampak

Akulaku Paylater x XL Axiata

Akulaku dan XL Axiata Jalin Kerja Sama untuk Layanan BNPL

Discussion about this post

Berita Terbaru

Peresmian Desa Digital Amartha

Kurangi Ketimpangan Literasi Digital, Amartha Foundation Resmikan Program Desa Digital di Sulawesi Tengah

2 Februari 2023
0
Komunitas Kejar Mimpi CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga Ajak Anak Muda Berpartisipasi dalam Gerakan Sosial Kejar Mimpi

2 Februari 2023
0
Finnet x KCIC

Finnet Dukung Digitalisasi Sistem Pembayaran Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

2 Februari 2023
0
mobile game

Nostra Klaim Capai 75 Juta MAU di Online Gaming

2 Februari 2023
0
PLTS Atap

Xurya Jangkau Lebih Banyak Industri untuk Pertumbuhan Industri Hijau

2 Februari 2023
0
edDoorz Regional VP Marketing Henry Manampiring

RedDoorz Buktikan Bisa Resiliensi Dengan BEP di Masa Pandemi

2 Februari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version