youngster.id - Jakarta menjadi salah satu pusat perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia, bahkan masuk dalam salah satu dari 49 kota Jejaring Kota Kreatif UNESCO. Untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif terutama brand lokal dan UMKM Jakarta, Brightspot kembali menggelar Brightspot Mall 2024.
Founder Brightspot Market dan Future 10 Anton Wirjono mengatakan, Brightspot Mall 2024 akan menjadi panggung bagi 206 merek lokal terkurasi yang melibatkan berbagai sektor seperti fashion, kuliner, dan seni. Menariknya, dengan konsep retail era 80-an.
“Adanya dinamika tren dan teknologi membuat pola berbelanja kita berubah dan menuntut pelaku industri kreatif lokal untuk selalu berinovasi, hal ini yang menjadi tantangan terutama untuk offline retail. Untuk itu kali ini kami ingin mengingatkan kembali bahwa ruang fisik untuk industri kreatif sangat penting, keberadaan ruang analog untuk kolaborasi dan inovasi adalah penanda bahwa kreativitas di kota itu terus berjalan dan menjadi ‘hidup’,” papar Anton dalam jumpa pers myBCA X Brightspot Mall 2024 Rabu (22/5/2024) di Jakarta.
Acara ini akan berlangsung pada 31 Mei hingga 2 Juni 2024 dan dilanjutkan dari 6 hingga 9 Juni 2024 di Ratu Plaza Jakarta. Menurut Anton, Brightspot Mall 2024 akan menghubungkan masa lalu dengan masa kini dalam sebuah perayaan yang menghadirkan ratusan merek lokal dalam paduan nostalgia era 80-an dan inovasi teknologi tahun 2024.
“Kami ingin mengembalikan era kejayaan retail 80-an, sekaligus membuka peluang bertemunya komunitas kreatif untuk berkumpul dan berkolaborasi. Ajang ini tidak hanya menjadi ajang pameran, tetapi juga menyuguhkan pengalaman yang unik dengan sentuhan seni, musik, dan diskusi menarik bersama para pelaku industri kreatif lokal, “ujarnya.
Brightspot Mall 2024 dapat dikunjungi secara gratis dengan mengakses aplikasi Brightspot. “Akan ada banyak kejutan di Brightspot Mall 2024 kali ini yang membuktikan kreativitas orang Indonesia dalam menghadapi dinamika tren dan teknologi, terutama para pelaku industri kreatif, melalui kolaborasi dan inovasi,” kata Anton lagi.
Ajang ini mendapat dukungan dari Direktur Utama LLP-KUKM (Smesco Indonesia) Leonard Theosabrata. Dia berpendapat, potensi ruang analog bagi pelaku industri kreatif di Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta, semakin berkembang dengan adanya ruang seperti Brightspot Mall 2024.
“Ruang-ruang ini sangat penting untuk mendorong inovasi dan kolaborasi kreatif, menginspirasi ide-ide baru. Peran pemerintah sangat krusial dalam mendukung perkembangan ini, misalnya dengan menyediakan fasilitas dan mempromosikan kegiatan kreatif melalui platform yang dimiliki pemerintah,” kata Leo.
Dukung juga diberikan Executive Vice President BCA, I Ketut Alam Wangsawijaya. “Kami berharap gelaran ini dapat memberikan dampak positif bagi pelaku industri kreatif serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal Tanah Air,” ujarnya.
Dalam kegiatan Brightspot Mall 2024 kali ini, BCA menghadirkan kemudahan bertransaksi melalui aplikasi myBCA dan Paylater BCA. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai promo menarik yang ditawarkan oleh BCA.
STEVY WIDIA