Broom.id Perkuat Jajaran Manajemen Untuk Tingkatkan Bisnis Showroom

Tim Broom.id

Tim Broom.id. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Peta persaingan bisnis mobil bekas di Indonesia semakin ketat. Untuk memperkuat posisi, Broom.id, perusahaan teknologi untuk ekosistem showroom mobil bekas di Indonesia mantan eksekutif Gojek Claussen Sindhuwinata sebagai Chief Operating Officer (COO) Broom.id.

CEO dan Co Founder Broom.id Pandu Adi Larat mengatakan, dengan jajaran baru manajemen ini Broom.id berusaha menjawab masalah terbesar bagi pelaku bisnis showroom mobil bekas Tanah Air yang mayoritas masih bersifat tradisional. Berdasarkan data internal perusahaan, sektor industri showroom yang mencakup lebih dari 40 ribu showroom di Indonesia terus bertumbuh, dengan potensi yang mencapai US$52 miliar per tahunnya.

“Kedepan, Kami telah mempersiapkan roadmap Broom.id sebagai ekosistem teknologi paling komprehensif bagi industri showroom UMKM mobil bekas di tanah air, mulai dari pengembangan teknologi untuk memberikan pelayanan platform digital terintegrasi dengan berbagai fitur dan produk menarik, meningkatkan pengetahuan pelaku showroom UMKM mobil bekas dengan berbagai program literasi teknologi dan keuangan, hingga meningkatkan kapasitas sumber daya manusia internal, dan penunjukan manajemen yang berpengalaman,” kata Pandu dalam keterangan pers, Rabu (7/9/2022).

Menurut Pandu, saat ini Broom.id telah bekerja sama dengan lebih dari 3,000 showroom di Jabodetabek dengan memberikan berbagai layanan seperti penjualan sementara stok mobil ke Broom.id untuk dapat dibeli kembali oleh showroom (buyback), marketplace eksklusif showroom, dan program komunitas.

Bergabung dengan Broom.id pada Agustus 2022, Claussen terakhir menjabat sebagai Senior Vice President Operations di perusahaan on-demand Gojek dengan karir lebih dari empat tahun, dimana Claussen mengepalai urusan driver dari GoRide dan GoCar. Sebelumnya, Claussen juga berkarir di perusahaan ride hailing global Uber selama empat tahun, dengan jabatan terakhir sebagai Head of Strategic Projects and Strike Team di Indonesia dengan fokus pada berbagai proyek internal strategis dalam operasional sehari-hari dalam mendukung keberlanjutan perusahaan.

“Saya sangat senang dapat bergabung bersama Broom.id, serta dapat berkolaborasi bersama Pandu, Pungky, Andreas serta ratusan talenta berbakat lainnya dari industri teknologi dan otomotif. Tak hanya dari manajemen yang berpengalaman di bidangnya dan juga model bisnis yang unik, saya melihat ambisi jangka panjang dari perusahaan dalam memberdayakan industri showroom UMKM mobil bekas yang selama ini operasionalnya belum banyak tersentuh teknologi di Indonesia,” ujar Claussen.

Menurut dia, mayoritas showroom UMKM mobil bekas yang Broom.id temui memiliki masalah yang sama, yakni akses terhadap inventory penjualan baru maupun turnover transaksi jual-beli yang rendah atau stok yang menumpuk. Disisi lain, pengelolaan bisnis mereka masih dilakukan secara tradisional. Hal ini membuat mereka tidak memiliki fleksibilitas dari sisi cash flow serta menyulitkan mereka untuk  mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi.

“Untuk itu, kami terus mempertegas komitmen kami sebagai Teman Bisnis Showroom, dimana kami akan memberikan berbagai solusi teknologi dan layanan yang paling cocok bagi mereka, agar mereka dapat terus berkembang bersama kami,” katanya.

Broom.id baru-baru ini terpilih dalam beberapa program akselerator startup strategis, seperti Startup Studio Indonesia Batch 5, dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Scale Up Growth Batch 3dari Endeavour. Terbaru, Broom.id baru saja bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Group untuk pengembangan ekosistem otomotif di Indonesia melalui BRI, BRI Finance, BRI Insurance, dan BRI Life.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version