youngster.id - Pemerintah menargetkan sebanyak 40 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terdigitalisasi pada 2024. Saat ini, baru 17,2 juta UMK yang telah terdigitalisasi. Untuk mendorong lebih banyak lagi pelaku usaha, pengelola aplikasi CARInih bersama SMESCO Indonesia menggelar program CARIpreneur.
CEO dan Founder PT Dasa Karya Indonesia Tan Leny Yonathan mengatakan, program CARIpreneur adalah ajang kompetisi sekaligus wadah untuk menjaring pelaku usaha pemula terutama UMKM masuk ranah digital.
“Untuk mendukung percepatan penetrasi digital UMKM di Indonesia kami berkolaborasi bersama SMESCO Indonesia dan para patner membentuk ekosistem terintegrasi dan ajang kompetisi CARIpreneur,” kata Leny dalam jumpa pers, Kamis (25/8/2022).
Leny menjelaskan, CARIpreneur adalah ajang kompetisi sekaligus wadah bagi para pelaku usaha dalam mendapatkan berbagai ilmu dalam mengembangkan usaha. Perusahaan yang baru saja meluncurkan aplikasi CARInih ini sendiri telah sekitar 1.000 pelaku UMKM.
CARIpreneur akan digelar mulai 25 Agustus – 17 Desember 2022. Persayaratan peserta adalah mereka yang memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan, serta memiliki rencana bisnis. Menurut Leny, program ini terbuka untuk semua UMKM di seluruh Inodnesia. Para peserta akan melalui tahapan seleksi serta sejumlah workshop Mulai dari membuat konten produk dengan caption menarik, serta berbagi ilmu dengan mitra ekosistem dari Smesco Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), Adakami, DBS Indonesia, Paxel Indonesia.
“Kerjasama ini dalam rangka sinergi Program Pengembangan Akses pasar digital untuk para pelaku UKM antara LLP KUKM dengan CARinih,” kata Wientor Rah Mada Direktur Bisnis dan Pemasaran LLP KUKM.
Wientor menegaskan, pihaknya akan terus mendorong agar produk mitra binaan bisa makin bersaing di pasar. “Salah satunya dengan kegiatan ini maka akan didapat para pelaku UKM yang berkomitmen dan siap masuk pasar yang lebih luas melalui jalur digital,” katanya.
Program ini selain menyiapkan hadiah uang tunai juga akan memberikan modal usaha dari AdaKami.
“Harapan kami ajang ini dapat mempersiapkan pelaku UMKM untuk lebih kompetitif dan siap mengembangkan usaha mereka. Adakami akan mendukung dengan akses finansial berkualitas,” kata Jonathan Kriss Business Development Manager AdaKami di kesempatan yang sama.
Kompetisi ini juga mendapat dukungan dari PT Bank DBS Indonesia dan AstraPay dari Astra Group.
STEVY WIDIA
Discussion about this post