Cetak 1 Juta Pengusaha Baru, Mahasiswa Diajak Jadi Wirausahawan Melalui Program Entrepreneur Hub

Entrepreneur Hub x Universitas Merdeka

MenkopUKM Teten Masduki ajak mahasiswa jadi wirausahawan melalui program Entrepreneur Hub (Foto: Dok. Humas KemenkopUKM)

youngster.id - Untuk menjadi negara maju, tidak hanya menyiapkan infrastruktur dan sumber daya manusia, melainkan juga pengusaha yang inovatif. Untuk itu, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) Indonesia menginisiasi program Entrepreneur Hub untuk mencetak satu juta pengusaha baru.

Melalui ajang Entrepreneur Hub diharapkan dapat menumbuhkan ekosistem kewirausahaan di kalangan mahasiswa, serta diharapkan akan menjadi kekuatan pembangunan ekonomi dan sebagai agent of change dengan cara menjadi wirausaha dan mampu menciptakan lapangan kerja.

Oleh karena itu, saat berdialog dengan mahasiswa Universitas Merdeka Malang, MenKopUKM Teten Masduki mengajak para mahasiswa untuk mengambil bagian dalam upaya mencetak 1 juta pengusaha muda baru melalui program Entrepreneur Hub.

“Kita ingin mencetak 1 juta pengusaha muda baru karena Presiden Jokowi mau menyiapkan fondasi bagi Indonesia untuk menjadi empat kekuatan ekonomi dunia di 2045. Indonesia akan menjadi empat kekuatan besar setelah Amerika Serikat, Tiongkok, dan India,” kata Teten, Rabu (15/03).

Menurut Menteri Teten kampus harus berubah. Harus mengubah mindset kurikulum bagaimana menciptakan wirausaha, bukan sarjana calon pegawai pemerintah atau swasta. Sebab, dengan bonus demografi Indonesia yang cukup besar, kampus bisa menjadi wadah dalam mencetak wirausaha muda yang berbasis perguruan tinggi.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Merdeka Malang Anwar Sanusi mengatakan, Entrepreneur Hub bisa menjadi solusi dari pemerintah dan universitas untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan.

“Ini menjadi bukti negara hadir membangun pilar kemajuan dan kemandirian bangsa, dan kami berterima kasih kepada KemenKopUKM yang telah memberikan program pendampingan kewirausahaan,” ucap Anwar.

Entrepreneur Hub merupakan program KemenKopUKM yang bertujuan untuk pengembangan ekosistem kewirausahaan dalam rangka menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Pada ajang kali ini para pelaku UMKM yang terlibat dalam ajang Entrepreneur Hub akan menjadi mentor bagi 150 mahasiswa.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version