youngster.id - Pandemi membuat banyak perusahaan harus memutar otak, yang bisa dilakukan adalah beradaptasi dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Program loyalitas menjadi salah satu strategi marketing yang cukup populer.Salah satu jenis program loyalitas yang dapat menjadi solusi B2B tepat bagi brand adalah coalition loyalty program.
Di Indonesia, yang pertama mengenalkan dan mengaplikasikan konsep tersebut adalah OttoPoint. Penyedia layanan program loyalitas dengan model coalition loyalty ini adalah bagian dari divisi fintech di bawah naungan OttoDigital Group.
“Selama kurang lebih satu tahun ada di Indonesia, rata-rata mitra issuer kami telah berhasil menaikkan frekuensi transaksi sebanyak 25% dan volume transaksi 35% dalam waktu kurang lebih tiga bulan. Selain itu, lebih dari 300.000 pengguna telah merasakan manfaat OttoPoint hingga periode Juni 2021. Saya yakin program koalisi seperti OttoPoint dapat membantu para mitra bisnis untuk memacu pertumbuhan bisnis maupun loyalitas pelanggan terutama dalam kondisi pandemi saat ini,” ungkap James Hamdani, CEO dari OttoPoint dalam keterangan pers, Senin (19/7/2021).
Menurut dia, model coalition loyalty ini juga menawarkan berbagai manfaat positif lain bagi perusahaan maupun konsumen. Pertama, perusahaan bisa mendapatkan exposure dan komunikasi ke keseluruhan pengguna aktif yang lebih luas. Hal ini berdampak pula pada kesempatan emas untuk menjaring pelanggan baru. Kedua, investasi yang dibutuhkan untuk operasional hariannya relatif lebih ekonomis, sehingga meringankan pengeluaran perusahaan.
Ketiga, perusahaan dapat memberikan pengalaman yang lebih menguntungkan secara berkelanjutan kepada pelanggannya. Di waktu yang sama, konsumen bisa mengumpulkan poin dan juga mendapatkan reward dengan waktu yang jauh lebih cepat.
“Program loyalitas yang ditawarkan oleh OttoPoint selain bisa menjadi cara efektif dan efisien dari segi biaya, bisa menjadi solusi bagi perusahaan yang ingin menjaga eksklusifitas brand-nya. Jadi mitra tidak perlu khawatir, program koalisi ini berdampak pada brand equity suatu perusahaan dengan menerapkan layanan ini. Selain itu, mereka bisa memberikan kepuasan kepada pelanggannya secara maksimal. Hal ini karena konsumen dipermudah untuk mengumpulkan poin dan reward dengan lebih cepat,” paparnya.
Sekarang OttoPoint sudah bekerja sama dengan beberapa mitra untuk menawarkan program loyalitas bagi pelanggannya. Mitra ini berasal dari industri finansial, digital dan beberapa yang lainnya.
Sedangkan untuk reward management, pada program loyalitas OttoPoint telah tersedia rewards lebih dari 100 merk terkemuka, mulai dari kategori makanan, pulsa, top-up saldo uang elektronik, belanja, hiburan, transportasi, kesehatan dan masih banyak lagi.
STEVY WIDIA
Discussion about this post