youngster.id - Profesi kreator konten di Indonesia sedang berkembang pesat. Hal itu terlihat dari banyaknya akun selebgram baru yang bermunculan dengan menciptakan konten unik dan menarik, baik itu dalam bentuk video, gambar, atau teks yang dibagikan di berbagai platform media sosial.
Untuk mendorong minat Gen Z akan bidang kreatif ini, Social Bread menggelar Creator Academy.
“Creator Academy adalah program dari Social Bread’s Kelas Influencer. Program ini dibuat untuk memfasilitasi peserta yang memiliki minat untuk menjadi content creator atau Influencer,” kata Edho Zell CEO Social Bread dalam siaran pers, Senin (30/1/2023).
Acara ini digelar di Social Bread Creator Hub, The Breeze, BSD City, Tangerang, Sabtu (28/1/2023). Ada puluhan siswa angkatan perdana Social Bread mengikuti workshop kelas perdana With Passion yang membekali ilmu mengenai content creation dan industri kreatif.
Edho menjelaskan, Creator Academy adalah program dari Social Bread’s Kelas Influencer. Program ini dibuat untuk memfasilitasi peserta yang memiliki minat untuk menjadi content creator atau Influencer.
“Harapannya, Social Bread dapat mengarahkan influencers dan calon influencers ke jalur yang positif,” ujarnya.
Kegiatan dalam Creator Academy yang dilaksanakan di Social Bread Creator Hub, The Breeze BSD City memberikan materi untuk mengedukasi para peserta tentang dasar-dasar menjadi influencer atau content creator seperti video editing, struktur cerita, kelas fashion, kelas fotografi, dan kelas lain yang mendukung keterampilan siswa.
Pembelajaran dalam kelas ini juga menyisipkan permainan untuk membantu mencairkan suasana antar peserta sehingga pembelajaran akan menyenangkan. Edho juga berbagi pengalaman sebagai kretor konten di berbagai platform seperti TikTok, Google, dan Facebook.
Setelah itu dengan bantuan para creator mentor dari Social Bread, para siswa diajarkan mengenai praktik membuat konten yang menarik di media sosial. Kemudian untuk membekali kemampuan praktis, siswa diajak untuk melakukan praktik langsung tentang semua keterampilan dan pengetahuan yang telah dipelajari di kelas Angkatan Pertama Creator Academy Social Bread ini.
“Setelah melakukan praktik menjadi content creator, para siswa juga didorong untuk melakukan kolaborasi sesama peserta untuk menciptakan sebuah kreasi konten yang lebih menarik dibandingkan dengan konten awal yang diciptakan perorangan,” kata Edo.
CEO Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap, mengatakan, bergabungnya Social Bread menjadi bagian dari ekosistem Digital Hub Sinar Mas Land tentu akan semakin memberikan warna baru dalam pengembangan perusahaannya.
“Kami menyadari pentingnya content creator yang memiliki kreativitas dan konten yang bermanfaat dalam industri ekonomi kreatif dan digital yang pada akhirnya dapat menumbuhkan perekonomian Indonesia,” kata Irawan.
STEVY WIDIA