Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Dalam Waktu 8 Bulan, Program elevAIte Indonesia Telah Diikuti 1,2 Juta Talenta Digital

5 Agustus 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
elevAIte x Minecraft

Dalam Waktu 8 Bulan, Program elevAIte Indonesia Telah Diikuti 1,2 Juta Talenta Digital (Foto: Istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Dengan kebutuhan lebih dari 600.000 talenta digital setiap tahunnya demi mencapai visi Indonesia Emas 2045, upaya peningkatan keterampilan berbasis teknologi bukan lagi sekadar pilihan. Inklusi digital dan literasi AI kini menjadi prasyarat untuk memastikan bahwa setiap individu—di perkotaan maupun pedesaan—memiliki peran dalam ekonomi masa depan.

Untuk menjawab kebutuhan ini, Microsoft, berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) meluncurkan elevAIte Indonesia—sebuah inisiatif pelatihan AI berskala nasional yang bertujuan membekali 1 juta masyarakat Indonesia dengan keterampilan dan kepercayaan diri untuk menghadapi era AI. Program ini dirancang untuk semua orang: pelajar, guru, ASN, pelaku UMKM, hingga masyarakat umum dari latar belakang non-teknis.

Kini, hanya dalam delapan bulan sejak diluncurkan, program tersebut berhasil melampaui target satu juta peserta – tepatnya pada 1,2 juta peserta – sekaligus menunjukkan semangat belajar yang terus tumbuh di seluru penjuru negeri.

Baca juga :   Shipper Indonesia Gelar Kompetisi Bagi Startup Logistik

Arief Suseno, AI National Skills Director, Microsoft mengatakan, mencapai lebih dari satu juta peserta tentu merupakan pencapaian besar. Namun yang paling menginspirasi adalah bagaimana semangat belajar ini berkembang menjadi gerakan yang lebih luas, dipimpin langsung oleh para pembelajar dan komunitas yang mereka bentuk.

“Program elevAIte Indonesia bukan hanya soal angka atau kecepatan, tapi tentang memastikan semua orang, di mana pun mereka berada, bisa merasakan manfaat dari kemajuan digital. Semua ini bisa terwujud berkat kolaborasi erat dengan para mitra dan pihak-pihak yang terus mendorong akses pembelajaran yang lebih inklusif di seluruh Indonesia,” ucap Arief, Selasa (5/8/2025).

Selain membekali sebanyak 1,2 juta talenta digital, program elevAIte Indonesia juga melakukan pelatihan bagi sekitar 695 ribu talenta, dan menghasilkan talenta bersertifikasi atau certified sebanyak 403 ribu talenta. Para talenta ini terdiri dari individu (168,013) atau mewakili sektor berbeda, seperti sektor edukasi (762,209 talenta), sektor komunitas (252,598 talenta), sektor pemerintah (115,078 talenta), dan sektor industri (53,344 talenta).

Baca juga :   Masyarakat Perlu Waspada Tapi Tidak Panik Hadapi Virus Corona

Program elevAIte sejak awal dirancang bersifat nasional dalam visi, namun lokal dalam pelaksanaan. Untuk memastikan pelatihan dapat diakses secara luas dan inklusif, program ini menggandeng 22 mitra ekosistem dari berbagai sektor—termasuk LSM, lembaga pendidikan, pemerintah daerah, hingga pelaku industri.

Dengan pendekatan seperti ini, pelatihan disampaikan melalui modul daring berbahasa Indonesia, sesi tatap muka di komunitas, hackathon, promptathon, serta kanal pembelajaran yang fleksibel. Kontennya dirancang agar relevan untuk semua tingkat literasi digital—dari pemula hingga lanjutan

Melalui kolaborasi ini, elevAIte menjadi lebih dari sekadar program pelatihan—tetapi tumbuh menjadi gerakan grassroots yang memperluas akses dan kesempatan.

Tak hanya itu, untuk menjangkau generasi muda, elevAIte juga memperkenalkan pendekatan yang menyenangkan dan kontekstual lewat Minecraft Education. Kini, program ini digunakan di beberapa sekolah dasar dan menengah untuk mengenalkan coding dan AI dengan cara yang visual, eksploratif, dan kolaboratif. (*AMBS)

Baca juga :   Kecakapan Bahasa Inggris Buat Generasi Muda Lebih Kompetitif

 

Tags: Minecraft EducationProgram elevAIte Indonesiatalenta digital
Previous Post

VENTENY Bukukan Pendapatan Rp104 Miliar di Semester I Tahun 2025, Naik 18,3%

Next Post

Jelang Hari ASEAN, MOVE Luncurkan Kampanye ‘Explore Asean’

Related Posts

Keterampilan Pengelola Data AI Jadi Talenta Primadona di Berbagai Industri
Headline

Keterampilan Pengelola Data AI Jadi Talenta Primadona di Berbagai Industri

25 September 2025
0
Indosat Target Melatih 2 Juta Talenta AI Melalui IDCamp 2025
Headline

Indosat Target Melatih 2 Juta Talenta AI Melalui IDCamp 2025

24 September 2025
0
WebFest.Asia, Konferensi Web Developer Se-Asia Tenggara
Headline

Indonesia dan Uni Emirat Arab Siap Cetak 10 Juta Developer

16 September 2025
0
Load More
Next Post
MOVE x ‘Explore Asean’

Jelang Hari ASEAN, MOVE Luncurkan Kampanye ‘Explore Asean’

DOKU Bertumbuh 85% Dengan Transaksi Capai 500 Juta di Semester I 2025

DOKU Bertumbuh 85% Dengan Transaksi Capai 500 Juta di Semester I 2025

Polytron Kini Produksi Laptop Untuk Segmen Pasar Anak Muda

Polytron Kini Produksi Laptop Untuk Segmen Pasar Anak Muda

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version