Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

DANA Optimalkan Perlindungan Untuk Cegah Penipuan Online, Pengguna Harus Tetap Waspada

27 September 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
penipuan online

DANA Optimalkan Perlindungan Untuk Cegah Penipuan Online, Pengguna Harus Tetap Waspada (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kasus penipuan online terus meningkat, bahkan menjadi permasalahan tertinggi pada kejahatan siber. Hasil survey terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan korban dari aksi penipuan online mencapai 32,5% dari responden. Kondisi ini mendorong DANA sebagai bagian dari ekosistem digital mengoptimalkan fitur DANA Protection. 

CEO dan Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara mengatakan, keamanan menjadi bagian integral untuk memperluas akses, hingga menciptakan ekosistem ekonomi digital yang sehat dan berkelanjutan. Tetapi kemunculan pihak-pihak tidak bertanggungjawab sering kali merugikan masyarakat dan mengganggu higienitas ekosistem ekonomi digital.

“Kami berkomitmen untuk menjembatani inklusi keuangan dan meningkatkan kesejahteraan finansial masyarakat melalui inovasi-inovasi teknologi. Komitmen ini kami bangun dengan memegang teguh tiga prinsip utama kami, yaitu trusted, friendly, accessible. Ketiga prinsip ini senantiasa kami bawa dalam mengembangkan berbagai inovasi dan inisiatif DANA, yang bertujuan melayani kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata Vince pada Kamis (26/9/2024) di Jakarta.

Baca juga :   Situs Ini Dapat Mengidentifikasi Penipu Online

Untuk itu, Vince menegaskan, DANA tidak hanya berfokus pada penyediaan produk, tetapi juga berupaya meningkatkan literasi keuangan pengguna akan ancaman kejahatan siber.

“Tiga pendekatan yang terus DANA lakukan adalah peningkatan layanan melalui fitur DANA Protection, mengedukasi pengguna, hingga melakukan kolaborasi dengan multipihak dalam ekosistem ekonomi digital,” ujarnya.

Sejak diluncurkan pada Desember 2018, DANA kini telah menjangkau lebih dari 180 juta pengguna di Indonesia. Untuk mencegah pengguna terkena kejahatan siber termasuk penipuan online maka DANA mengoptimalkan fitur DANA Protection.

Chief Risk Officer DANA Indonesia Cary Piantono menjelaskan, melalui fitur DANA Protection, pengguna bisa melakukan deteksi dini melalui ‘Scam Checker’. Hal ini didukung dengan fitur ‘Aduan Nomor’, yang terhubung langsung dengan AduanNomor.id milik Kominfo, yang berfungsi untuk melacak pemilik nomor tersebut

Baca juga :   Indonesia Perlu Meningkatkan Pemanfaatan Teknologi Untuk Raih Ekonomi Digital

“Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengecek keabsahan nomor, akun media sosial, nomor rekening bank, hingga tautan yang tidak diketahui oleh pengguna. Melalui cara ini, pengguna bisa semakin waspada terhadap nomor-nomor yang terindikasi penipuan,” katanya.

Namun pengguna DANA tetap harus waspada. Salah satunya dengan meningkatkan keamanan akunnya melalui DANA Protection dengan melihat rekomendasi pengaturan keamanan atau ‘Security Suggestions’ yang dianjurkan bagi akun miliknya. Rekomendasi keamanan ini termasuk mengganti PIN secara berkala, mengaktifkan Passkey, menambah pertanyaan keamanan untuk verifikasi, mengaktifkan autentikasi wajah DANA VIZ, sampai izin lokasi.

Cary menegaskan, DANA Protection tetap hadir memberikan 100% jaminan uang kembali sesuai dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku. Cakupan perlindungan ini meliputi, penggantian saldo jika ada transaksi yang tidak dilakukan oleh pengguna atau pemilik akun dan terjadi hanya dalam 60 hari terakhir. Pengguna cukup melaporkannya melalui asisten virtual DIANA, untuk bisa melakukan klaim DANA Protection.

Baca juga :   Alami Hadirkan Platform Keuangan Syariah untuk UKM

Selain itu, DANA memiliki fitur tambahan bertajuk Waspada Online dan Tipu Online. Pada kedua mini program, pengguna bisa mencoba edukasi yang dikemas dalam bentuk gamifikasi.

“Kami juga berfokus pada edukasi melalui kampanye-kampanye program di media sosial. Salah satunya adalah Monitor, Konfirmasi, dan Lapor yang mengangkat berbagai jenis modus kejahatan siber yang paling banyak menyalahgunakan DANA, seperti maraknya Customer Service (CS) tidak resmi, tautan DANA Kaget palsu, dan banyak lagi,” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA

Tags: DANA IndonesiaDana Protectionkeamanan akunpenipuan online
Previous Post

Permudah Pemesanan Tiket Event di ASEAN, MOVETIX ‘AirAsia MOVE’ Gandeng Ticketmelon

Next Post

Strategi Pluang Merevolusi Pengalaman Berinvestasi Kripto

Related Posts

5 Modus Penipuan Online Yang Harus Diwaspadai
News

5 Modus Penipuan Online Yang Harus Diwaspadai

9 September 2025
0
Pembayaran Pakai QRIS Antarnegara Kini Bisa Dilakukan Di Jepang
Headline

Pembayaran Pakai QRIS Antarnegara Kini Bisa Dilakukan Di Jepang

20 Agustus 2025
0
IC4, Aplikasi Pelaporan Kejahatan dan Penipuan Online
Headline

IC4, Aplikasi Pelaporan Kejahatan dan Penipuan Online

26 Februari 2025
0
Load More
Next Post
Strategi Pluang Merevolusi Pengalaman Berinvestasi Kripto

Strategi Pluang Merevolusi Pengalaman Berinvestasi Kripto

Asia-Pacific Digital Talent Summit 2024, Pertemukan Talenta Muda Dari Kawasan ASEAN

Asia-Pacific Digital Talent Summit 2024, Pertemukan Talenta Muda Dari Kawasan ASEAN

Noice Buka Kesempatan Bagi Kreator Konten Monetisasi Konten

Noice Buka Kesempatan Bagi Kreator Konten Monetisasi Konten

Discussion about this post

Recent Updates

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version