Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Dari 11 Juta Penjual di Tokopedia Hampir 100% Pelaku UMKM

17 September 2021
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Tokopedia

Pemilik Ikan Asin Medan, Tanoto Frans. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Tokopedia mencatat ada lebih dari 11 juta penjual di platform e-commerce dan hampir 100% adalah produk UMKM. Pelaku UMKM terus mendapat dukungan dari e-commerce seperti akses pasar nasional, pendampingan serta edukasi untuk peningkatan usaha.

“UMKM lokal di Tokopedia terdiri dari maker (produsen) maupun reseller. Mereka sama-sama berkontribusi pada perekonomian digital. Dan kami sebagai salah satu platform, sekarang ini, kami telah memiliki 100% UMKM lokal yang telah bergabung didalamnya,” jelas Puput Hidayat, AVP of Product Tokopedia dalam Media Meet Up virtual Kamis (16/9/2021).

Ia menegaskan UMKM yang punya kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi. Mereka berhasil mempertahankan bisnis sekaligus menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan lewat pemanfaatan platform teknologi. Songket PaSH dan Ikan Asin Medan adalah contohnya.

Baca juga :   Blibli Perkuat Ekosistem Halal Untuk Dukung Gaya hidup Halal Konsumen Indonesia

“Sebagai platform, ada rasa kebanggaan tersendiri tentunua. Misal, walau hanya menjual ikan asin medan, tapi pembelinya ada yang datang dari Indonesia Timur. Tak bisa dipungkiri, dengan pemanfaatan platform teknologi sekarang ini, kami dapat memberikan produk dari Medan tadi bisa dinikmati oleh masyarakat di Indonesia Timur tadi,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Produsen Songket PaSH, Kiagus Adit dari Palembang, mengatakan meski penjualan sempat menurun hingga 60% di awal pandemi, pemanfaatan platform Tokopedia membuat penjualan kami kembali stabil.

“Memang awal pandemi kami mengalami penurunan omset, tetapi itu tidak berlangsung lama. Sekarang, dengan dukungan dari Tokopedia, omzet kami kini bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulan,” kata Adit.

Lebih lanjut, Adit juga memberikan tips untuk UMKM khususnya maker dalam berjualan. “Pertama, cari tahu produk yang paling laku, lalu lakukan analisis kompetitor untuk menentukan harga jual. Setelah itu ciptakan brand awareness, salah satunya dengan beriklan lewat fitur yang tersedia, misal TopAds, atau pasang harga lebih murah. Kecepatan dalam merespon chat pelanggan juga menjadi kunci,” tambahnya.

Pemilik Ikan Asin Medan, Tanoto Frans, UMKM reseller yang memberdayakan puluhan nelayan Medan, mengungkapkan lebih dari 85% penjualan Ikan Asin Medan berasal dari Tokopedia. Omzet bulanan usaha ini, kini mencapai ratusan juta rupiah.

Baca juga :   Menperin Ajak Investor Korsel Berbisnis e-Commerce di Indonesia

“Jadi untuk mempertahankan usaha, apalagi dalam situasi pandemi ini, sebagai UMKM penting harus teliti memilih supplier yang tepat agar kualitas produk selalu terjamin karena supplier tersebut akan menjadi mitra jangka panjang penjual. Selain itu juga, pelakunya harus memahami kebutuhan masyarakat dan tidak berhenti berinovasi,” kata Frans berpesan.

Disisi lain, Tokopedia aktif memberikan pendampingan serta materi edukasi bagi UMKM lokal. Contohnya lewat Pusat Edukasi Seller, Sekolah Kilat Seller hingga media sosial. Juga lewat berbagai panggung yang membantu UMKM menjangkau lebih banyak masyarakat, seperti Bangga Buatan Indonesia, TokoMart, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan masih banyak lagi.

Berbagai inisiatif tersebut turut mendongkrak kategori Kesehatan dan Perawatan Diri, Fesyen, Kecantikan, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak dan Otomotif menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling pesat di Tokopedia selama kuartal II/2021.

Baca juga :   Lazada Persiapkan Pelaku UMKM Hadapi Festival Belanja Akhir Tahun 2021

 

FAHRUL ANWAR

Tags: e-commerceekonomi digitalprodusenresellerTokopediaUMKM
Previous Post

Indosat Ooredoo Perluas Layanan 5G ke Surabaya

Next Post

Google.org Dukung Rumah Oksigen Gotong Royong Jadi Fasilitas Isolasi Terpusat di Indonesia

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Load More
Next Post
Rumah Oksigen Gotong Royong

Google.org Dukung Rumah Oksigen Gotong Royong Jadi Fasilitas Isolasi Terpusat di Indonesia

Paper.id, Platform Invoicing Bagi UMKM Indonesia

Paper.id Gandeng Pinjam Modal Untuk Permudah Akses Pendanaan dan Digitalisasi UMKM

AC Ventures

Capria Ventures Kolaborasi Dengan AC Ventures Dukung Ekositem Startup di Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version