DBS YES Ajak Anak Muda Beropini tentang Ekonomi Digital

Bank DBS Indonesia kembali menggelar kompetisi DBS Young Economist Stand-Up (DBS YES) (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia) kembali menggelar kompetisi DBS Young Economist Stand-Up (DBS YES). Melalui kompetisi ini DBS mengajak kaum muda untuk menyuarakan ide dan gagasan melalui video stand-up.

Kali ini, tema DBS YES berfokus pada Ekonomi Digital dimana para partisipan dapat menyuarakan ide dan gagasan dalam format unik stand-up berbentuk video dengan menggunakan beberapa riset pilihan DBS Asian Insights lansiran tim riset DBS Group Research.

“Sejalan dengan strategi Bank DBS Indonesia untuk selalu mengutamakan inovasi dan transformasi digital sebagai agenda utama, tema DBS YES kali ini berfokus pada ekonomi digital. Hal ini bertujuan mendorong masyarakat terutama kaum muda untuk dapat berkontribusi melalui pandangan dan opini yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan termasuk pelaku industri maupun pemerintah,” ujar Mona Monika, Head of Group Strategic Marketing and Communications, Bank DBS Indonesia.

DBS YES dapat diikuti oleh semua anak muda berusia 18-23 tahun di seluruh Indonesia, dengan memilih topik yang telah ditentukan dari hasil pengembangan riset DBS Group Research. Pilihan topiknya adalah: Meningkatkan Keuangan Inklusi melalui Digitalisasi Perbankan, Mendorong Wirausaha Baru di Era Digital, dan Mendorong Perkembangan Ekonomi Digital di Luar Jawa. Pilihan topik tersebut dapat diakses di situs DBS YES go.dbs.com/yes2017.

Setelah memilih salah satu topik, peserta diharuskan menambahkan opini dan pandangan, kemudian mengemasnya dalam bentuk video berdurasi 3 menit; dengan format stand-up (pidato kreatif).

Secara spesifik, para peserta harus mampu menyakinkan para juri apabila video mereka mampu menjabarkan tantangan dan solusi perekonomian di era digital dengan penyampaian yang menarik dan kreatif. Video yang berhak masuk ke tahap semifinal akan diseleksi oleh para dewan juri.

Selanjutnya, sebanyak 20 peserta semifinalis akan mengikuti DBS YES Camp pada bulan Oktober 2017 selama 5 hari di Jakarta.  DBS YES Camp akan diisi dengan rangkaian sesi mentoring mengenai ekonomi digital, sesi pelatihan seputar public speaking dan kunjungan studi ke kantor-kantor pemerintahan, regulator dan start up berbasis digital.

Tiga pemenang berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai total Rp100 juta. Juga, berkesempatan untuk mengikuti sesi mentoring dengan Neal Cross, Chief Innovation Officer, Bank DBS di Singapura.

Selain itu, ketiga pemenang juga akan tampil menjadi Opening Act pada DBS Asian Insights Conference 2017 di hadapan para pemimpin dan pelaku industri perbankan dan keuangan serta pejabat penting dari pemerintah.

Untuk peserta dengan video yang memperoleh interaksi digital tertinggi (likes, shares, dan comment) di saluran YouTube berhak menjadi juara favorit dan memenangkan iPhone 7Plus.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version