Digitalisasi Pelaku Usaha F&B, Solusi SleekFlow Bantu Efisiensi

SleekFlow Indonesia

Tim SleekFlow Indonesia. (Foto: istimewa)

youngster.id - Salah satu tantangan para pelaku usaha di bisnis food and beverages (F&B) adalah menciptakan proses reservasi yang terbaik, serta meningkatkan keterlibatan dengan para pelanggan, termasuk mempermudah melakukan transaksi.

Menyikapi masalah tersebut, platform omnichannel social commerce SleekFlow menawarkan solusi reservasi dan otomasi pemesanan untuk mendorong pertumbuhan bisnis F&B.

Asnawi Jufrie, Regional GM ASEAN SleekFlow mengatakan, dari beberapa klien di bidang F&B yang pernah bekerja sama dengan SleekFlow seperti Cutt & Grill, Nutrition Kitchen, dan Le Dessert, rata-rata pelaku usaha itu memiliki kebutuhan untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan memiliki layanan terbaik untuk memudahkan transaksi. Untuk itu, para pelaku usaha tersebut berusaha untuk relevan terhadap kondisi pasar.

“Namun, cara konvensional untuk menjangkau lebih banyak konsumen seperti email dan WhatsApp business biasa memiliki banyak keterbatasan, seperti minimnya otomasi yang bisa mendorong penjualan,” kata Asnawi, dikutip Selasa (1/8/2023).

Untuk itu, SleekFlow memberikan solusi WhatsApp Business API atau WABA dan otomasi SleekFlow agar para pelaku usaha F&B ini bisa mendapatkan lebih banyak reservasi dan pemesanan terutama dengan otomasi untuk reservasi tempat.

“Dengan WABA, para pelaku usaha F&B bisa secara konsisten memberikan update promo. Selain itu otomasi juga memudahkan pelaku usaha untuk mengelola reservasi. Artinya, ada potensi untuk menjangkau konsumen lebih besar lagi,” tambah Asnawi.

Dari sisi operasional, layanan otomasi dari SleekFlow juga bisa membantu operasional bisnis menjadi lebih efisien dalam menerima reservasi tempat hingga melayani pertanyaan yang masuk. Semua pertanyaan itu akan tersedia dalam inbox terpadu di dashboard SleekFlow.

Persoalan reservasi ini pernah dialami Cutt & Grill. Oleh karena dilakukan secara manual, maka operasional dalam mengurus reservasi itu menjadi tidak efisien. Apalagi, Cutt & Grill memiliki cabang yang cukup banyak.

Setelah bekerja sama dengan SleekFlow, WhatsApp Business Cutt & Grill mendapatkan centang hijau sehingga bisa mengirim pesan secara broadcast, membuat quick replies atau otomasi reservasi, hingga berbicara langsung dengan admin di cabang.

Ditambah, Cutt & Grill juga menggunakan dashboard SleekFlow untuk membuat chat routing di setiap cabang. Jadi, pelanggan bisa lebih mudah terhubung dengan admin di satu cabang yang diinginkan.

Semua itu membuat operasional Cutt & Grill menjadi lebih efisien dan tidak perlu repot membalas pesan secara manual, termasuk melakukan proses reservasi secara online.

Restaurant Manager Cutt & Grill Senopati Cut Meuthia Laimaniaty mengatakan SleekFlow sangat membantu dalam mengotomasi balasan pesan pelanggan. “Jadi  mereka gak perlu nunggu lama untuk mendapatkan jawaban,  karena setiap pesan yang masuk akan disesuaikan ke nomor kontak outlet yang dituju,” katanya.

Menurut Asnawi, bisnis F&B dari skala kecil hingga menengah membutuhkan proses operasional yang efisien untuk bisa mencatatkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

“Dengan beralih ke proses digital, bisnis dapat fokus pada hal penting lainnya alih-alih berfokus dengan tugas repetiitf. Bisnis dapat menjangkau lebih banyak konsumen, meningkatkan loyalitas konsumen, dan mempermudah proses transaksi mereka,” tutup Asnawi.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version