Dorong Penggunaan QRIS, OVO Gandeng Alfamart

OVO x Alfamart

Dorong Penggunaan QRIS, OVO Gandeng Alfamart (Foto: Istimewa)

youngster.id - Sejalan dengan misi Bank Indonesia dalam mendorong digitalisasi industri sistem pembayaran di tanah air, fintech unicorn OVO meluncurkan fitur baru metode pembayaran QRIS CPM (Customer Presented Mode) di aplikasinya. Untuk mendorong penggunaan QRIS CPM ini OVO menggandeng salah satu jaringan distribusi ritel modern Alfamart.

QRIS CPM merupakan sistem pembayaran berbasis teknologi QR diyakini mampu memudahkan dan mempercepat pengguna dalam melakukan transaksi non tunai. Saat melakukan transaksi, pengguna hanya perlu menunjukkan kode QR yang ada pada aplikasi OVO, untuk dibaca dan dipindai oleh mitra merchant.

Data Bank Indonesia 2022 mencatat transaksi uang elektronik melonjak sebesar 30% dan mencapai Rp399,6 triliun dari tahun sebelumnya. Ini dikarenakan beberapa faktor, di antaranya meningkatnya jumlah penerimaan dan preferensi masyarakat dalam berbelanja daring, luas dan mudahnya sistem pembayaran digital, serta cepatnya perbankan digital.

Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur OVO mengungkapkan, inovasi QRIS CPM di aplikasi OVO adalah bentuk nyata dukungan OVO terhadap inisiatif pemerintah dan Bank Indonesia dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

“Kolaborasi OVO dengan Alfamart, diharapkan akan semakin memungkinkan masyarakat di ratusan kota, kabupaten yang jauh dari kota besar, untuk bertransaksi digital secara mudah dan aman tanpa perlu membawa uang tunai,” kata Karaniya, Senin (20/3/2023).

Ryan Alfons Kaloh, Marketing Director Alfamart menambhakan bahwa QRIS CPM OVO di Alfamart makin melengkapi opsi pembayaran cashless bagi konsumen.

“Dengan begitu dapat memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi konsumen setia kami, sekaligus meningkatkan efisiensi transaksi pembayaran di toko-toko Alfamart di seluruh Indonesia, yang bahkan menjangkau hingga ke pelosok tanah air akan merasakan manfaat ini. Ini juga sejalan dengan program Kementerian Perdagangan agar QRIS bisa dilakukan di peritel lebih luas lagi,” ujar Ryan.

Selain Alfamart, OVO juga dapat digunakan sebagai metode pembayaran di merchant lainnya, seperti Alfamidi, Dan+Dan, Lawson, dan Alfagift. Di Alfamart, tidak hanya sekedar melakukan pembayaran tetapi para pengguna juga sudah dapat melakukan pengisian saldo OVO (Top-up). Lebih lanjut, saat ini Alfamart juga telah hadir di Grabmart sehingga pelanggan dapat membeli kebutuhannya dengan lebih mudah, cepat, dan gampang.

Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan Indonesia, sangat mengapresiasi upaya para pelaku industri termasuk OVO, yang konsisten dalam menyediakan kemudahan transaksi uang elektronik guna mendukung upaya pemerintah menggiatkan transaksi non tunai.

“Pengkinian proses transaksi elektronik tentunya dapat mempercepat dan mempermudah pengguna saat bertransaksi sehingga volume transaksi pun dapat mengalami peningkatan,” kata Jerry.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version