youngster.id - Platform penyedia akomodasi OYO mencatat pertumbuhan yang signifikan dalam penilaian pelanggan dalam lima bulan pertama tahun 2024. Rata-rata penilaian pelanggan dalam periode ini adalah 4.4+ (dari 5) untuk propertinya di Indonesia, hal ini ditambah dengan lebih dari 68% pelanggan memberikan peringkat bintang 5.
Survei ini dilakukan terhadap lebih dari 60 ribu pelanggan yang menginap di properti OYO di seluruh Indonesia selama periode tersebut.
Hendro Tan, Country Stock and OYO Indonesia mengatakan, peningkatan peringkat pelanggan ini didorong oleh berbagai inisiatif strategis, termasuk peningkatan kualitas layanan, kebersihan, dan kenyamanan di setiap properti. OYO juga mencatat peningkatan peringkat hotel-hotel mereka di platform pemesanan perjalanan lainnya seperti Agoda, Booking.com dan Traveloka.
“Pencapaian kami dalam waktu yang cukup singkat ini, membuktikan dedikasi kami untuk terus mengupayakan peningkatan kualitas dan layanan bagi industri pariwisata. Hal ini merupakan perjalanan berkesinambungan dan kami berdedikasi untuk memanfaatkan teknologi, analisis data, dan feedback dari pelanggan kami untuk meningkatkan pelayanan secara keseluruhan, dan efisiensi operasional kami. Tak hanya itu, kami terus akan memperluas portofolio dan membangun ekosistem kolaboratif yang berfokus pada kepuasan pelanggan,” klaim Hendro, Selasa (11/6/2024).
Menurut Hendro, data internal OYO menyebutkan, pada periode ini kenaikan peringkat penilaian pelanggan OYO ini didasari oleh dua inisiatif program inisiatif OYO yaitu, program khusus yang berfokus pada peningkatan pengalaman tamu, dan program Company Service yang baru saja diluncurkan pada Februari lalu.
Paertama, pda inisiatif yang berfokus pada peningkatan pengalaman tamu yang diluncurkan Desember 2023 lalu, OYO berupaya untuk mempertahankan standar kualitas layanan seperti pelatihan pada staf, perbaikan dan kelengkapan fasilitas, juga pelatihan ekstensif pada staf termasuk keterampilan pemecahan masalah untuk memberikan solusi yang efektif terhadap permintaan dan masalah yang mungkin di hadapi oleh tamu. Melalui keseluruhan layanan yang depersonalisasi ini terbukti memberikan peningkatan peringkat penilaian pelanggan.
Kedua, program Company Service, juga mendasari kenaikan peringkat penilaian yang diberikan pelanggan OYO. Setelah mendapatkan respons positif sehingga menargetkan proyeksi pada program ini, OYO mengumumkan peningkatan signifikan pada rating pelanggan sebesar 15% di hotel-hotel yang dikelola sendiri dalam tiga bulan pertama sejak peluncurannya.
Hanya dalam waktu 3 bulan, 30 properti sudah bergabung dan diperkirakan akan terus bertambah hingga akhir tahun 2024. Setiap properti Company Service dikurasi dengan cermat berdasarkan standar kualitas yang ekstensif, ditempatkan di lokasi yang strategis dan memiliki operator yang ditunjuk secara profesional untuk menjalankan operasional yang memastikan layanan yang terbaik kepada pelanggan.
Peningkatan ini mencerminkan komitmen OYO untuk menyediakan pengalaman menginap yang unggul bagi para tamu di seluruh Indonesia. OYO telah berhasil meluncurkan dan mengelola sejumlah properti di berbagai kota di Indonesia, memperkuat posisinya sebagai penyedia layanan akomodasi terkemuka.
“Peningkatan rating pelanggan ini didorong oleh berbagai inisiatif strategis, termasuk peningkatan kualitas layanan, kebersihan, dan kenyamanan di setiap properti,” tambahnya.
Salah satu tamu di Townhouse OAK Signature Bali memberikan ulasan yang sangat positif tentang pengalamannya. “Pengalaman check-in benar-benar luar biasa! Fasilitas yang disediakan sangat bagus dan stafnya sangat sopan dan membantu. Benar-benar pengalaman bintang 5!.
Tamu lainnya, Sulaiman mengatakan bahwa ia terkesan dengan waktu check-in dan check-out yang fleksibel dan proses pemesanan yang cepat di aplikasi OYO.
HENNI S.